Polres Pasaman Barat minta jajarannya tekan gangguan lalu lintas

id Operasi patuh singgalang 2023

Polres Pasaman Barat minta jajarannya tekan gangguan lalu lintas

Wakil Kepala Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat Kompol Chairul Amri Nasution (tengah) saat melakukan pengecekan kendaraan dalam persiapan Operasi Patuh Singgalang 2023, Senin (10/7/20230). ANTARA/Altas Maulana. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat, Kompol Chairul Amri Nasution menekankan jajaran satuan lalu lintas mempersiapkan langkah antisipasi untuk meminimalisir gangguan kelancaran berlalu lintas.

"Anggota Polri diharapkan bisa menjadi contoh dan tauladan terlebih dahulu dalam melaksanakan kegiatan dalam Operasi Patuh Singgalang 2023," katanya usai menggelar apel gelar pasukan Operasi Patuh Singgalang 2023, Senin.

Menurutnya Operasi Patuh Singgalang 2023 dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 10 Juli sampai dengan tanggal 23 Juli 2023.

Pergelaran pasukan operasi patuh tahun ini, Polri mengangkat tema "Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa" untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) yang mantap.

Operasi itu, katanya, merupakan kegiatan yang diorganisir secara khusus untuk pencegahan, penanggulangan dan penindakan terhadap gangguan kamseltibcar lantas. Muaranya diharapkan menurunkan angka pelanggaran lalu lintas dan meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Selain bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas, kegiatan ini diharapkan dapat menekan terjadinya perkara pencurian kendaraan bermotor di wilayah hukum Polda Sumbar khususnya Polres Pasaman Barat," harapnya.

Pihaknya juga melibatkan unsur TNI dan dinas Instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, Satpol PPP, TNI an lainnya di dalam operasi sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing agar operasi dapat terlaksana dengan baik dan mencapai target yang telah ditetapkan dalam rencana operasi.

Ia menegaskan kepada polisi untuk menghindari sikap perilaku dan tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

"Jangan sakiti hati masyarakat sehingga berdampak berkurangnya kepercayaan dan simpati masyarakat kepada Polri khususnya polisi lalu lintas," katanya

Ia berharap Operasi Patuh Singgalang 2023 bisa berjalan dengan baik dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat tanpa menimbulkan dampak negatif.