Polisi gelar Operasi Patuh Singgalang 2023 imbau kepatuhan jadi kunci keselamatan

id Operasi Patuh Singgalang 2023,berita bukittinggi,berita sumbar,razia bukittinggi

Polisi gelar Operasi Patuh Singgalang 2023 imbau kepatuhan jadi kunci keselamatan

Petugas lalulintas Polresta Bukittinggi mengatur kendaraan di salah satu pusat strategis di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Satlantas Polresta Bukittinggi menggelar kegiatan penertiban berkendara dengan kode sandi Operasi Patuh Singgalang 2023, petugas menegaskan kepatuhan lalu lintas menjadi kunci utama keselamatan di jalan.

"Kami mengajak masyarakat Kota Bukittinggi untuk bekerja sama dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di jalan raya, kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas merupakan kunci keselamatan dan kenyamanan bagi semua pengguna jalan," kata Kasat Lantas Polresta Bukittinggi, AKP Ghanda Novidiningrat, Senin.

Ia menyebut pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2023 berlangsung selama 14 hari dari 10 hingga 23 Juli 2023 yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas di wilayah hukum Polresta Bukittinggi.

Dalam pelaksanaan operasi ini, Polresta Bukittinggi menghimbau kepada setiap pengendara yang beraktivitas di Kota Bukittinggi agar mematuhi tata tertib berlalu lintas yang berlaku.

"Pengendara diimbau untuk memastikan bahwa mereka selalu melengkapi dokumen administrasi dalam berkendara, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) yang valid dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang masih berlaku serta kelengkapan kendaraan itu sendiri," kata Ghanda.

Kasaantas mengharapkan dengan kegiatan ini dapat diwujudkan suasana lalu lintas yang tertib dan aman di Kota Bukittinggi.

Lebih lanjut, Kasat Lantas juga menjelaskan bahwa selama operasi Patuh Singgalang 2023, polisi akan fokus pada penegakan peraturan lalu lintas yang berpotensi terjadinya laka lantas.

"Meliputi penggunaan helm bagi pengendara sepeda motor, pengendara di bawah umur, melawan arus serta larangan penggunaan handphone saat mengemudi. Selain itu, kendaraan yang tidak memenuhi kelengkapan teknis fisik kendaraan seperti lampu, Plat Nomor dan Spion," katanya.

Ia mengatakan petugas akan ditempatkan di berbagai lokasi strategis di Kota Bukittinggi untuk melakukan pengawasan dan memberikan teguran atau sanksi kepada pelanggar lalu lintas.

Polresta Bukittinggi mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bukittinggi untuk mematuhi aturan lalu lintas dan menghindari pelanggaran yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

"Dengan adanya operasi Patuh Singgalang 2023 ini, diharapkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas dapat semakin meningkat, sehingga dapat menciptakan suasana lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar di Kota Bukittinggi," pungkasnya.