Gubernur Sumbar apresiasi Mensos tingkatan fungsi BBPPKS Padang

id BBPPKS Padang, Mahyeldi, Gubernur, Sumbar

Gubernur Sumbar apresiasi Mensos tingkatan fungsi BBPPKS Padang

Gubernur Sumbar Mahyeldi dampingi Mensos RI Tri Rismaharini. (ANTARA/Dok Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengapresiasi kepedulian Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini terhadap masyarakat di daerahnya dengan meningkatkan fungsi Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang menjadi Badan Multi Layanan.

"Peningkatan fungsi BBPPKS Padang menjadi Badan Multi Layanan memberikan manfaat lebih kongkrit bagi masyarakat Sumbar," katanya saat mendampingi Menteri Sosial RI di Padang, Minggu,

Awalnya BBPPKS Padang hanya difungsikan sebagai balai diklat, kemudian mulai tahun 2023 fungsinya telah ditingkatkan menjadi Badan Multi Layanan untuk penanganan atau perawatan berbagai permasalahan sosial sesuai program Kemensos.

Gubernur mengatakan pihaknya berkomitmen untuk lebih meningkatkan sinergitas dengan Kemensos, terutama dalam penanganan berbagai permasalahan sosial di Sumbar.

Ia menyebut hal itu akan menjadi fokusnya ke depan melalui Dinas Sosial Provinsi Sumbar.

"Ke depan, kita akan optimalkan sinergitas kita dengan Kemensos melalui Dinas Sosial," ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini menyerahkan bantuan secara simbolis senilai Rp438.250.000 dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang kepada lansia di Kabupaten Dharmasraya dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27.

Risma mengatakan, BBPPKS Padang dan Sentra Alyatama Jambi sebagai UPT Kemensos berkolaborasi dalam penanganan dan pemberian pelayanan kepada Lansia yang terdaftar sebagai Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) asal Kabupaten Dharmasraya.

"Bantuan tersebut terdiri dari bantuan pembiayaan isbat nikah bagi 64 lansia, bantuan permakanan bagi 56 lansia, dan pembiayaan bimtek peningkatan kepedulian dan perawatan bagi 550 duta lansia," ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Sosial RI didampingi oleh Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Don Rozano, Staf Khusus Menteri Bidang Pengembangan SDM dan Program Kementerian Suhadi Lili, Staf Khusus Menteri Bidang Hubungan dan Kemitraan Lembaga Luar Negeri Faozan Amar.

Selain itu juga ada, Anggota Komisi VIII DPR RI Wulan, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat Ari tuswandi, Kepala BBPPKS Padang Hasyim, Sekretaris Ditjen Rehabilitasi Sosial Kemensos Salahuddin dan Plt. Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Nursyamsu.*

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur Sumbar apresiasi Mensos tingkatan fungsi BBPPKS Padang