Taruna Latsitardanus XLIII bersama Baznas Kota Solok bantu bedah rumah

id Taruna Latsitardanus XLIII, bersama, Baznas Kota Solok, bantu bedah rumah

Taruna Latsitardanus XLIII bersama Baznas Kota Solok bantu bedah rumah

Taruna Latsitardanus XLIII bersama Baznas Kota Solok bantu bedah rumah (ANTARA/HO-Diskominfo)

Solok (ANTARA) - Para peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) nusantara XLIII yang melakukan pengabdian di Kota Solok bekerja sama dengan pemerintah Kota Solok melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk membedah rumah warga setempat.

Ketua Baznas Kota Solok AKPB (Purn) Zaini di Solok, Minggu menyampaikan ucapan terima kasih dan bersyukur dengan ditempatkannya peserta Latsitardanus XLIII di Kota Solok.

Menurutnya kehadiran 309 peserta Latsitardanus tahun 2023 membawa dampak positif bagi Kota Solok dengan beragam kegiatannya seperti penyuluhan di sekolah tingkat SLTA, membantu pelaksanaan pembangunan fisik seperti penanaman pohon, tugu, irigasi dan bedah rumah.

“Kehadiran Taruna Latsitardanus membawa motivasi untuk para pemuda dan pemudi di Kota Solok yang berminat untuk menjadi Taruna Akademi Militer, Akademi Kepolisian, IPDN, dan BSSN,” kata Zaini.

Taruna Latsitardanus XLIII melakukan berbagai kegiatan baik fisik maupun non fisik dan salah satunya yaitu berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Solok melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dengan membantu bedah rumah warga.

Selain itu, ia menyebutkan Baznas Kota Solok telah menyiapkan dua unit rumah dari masyarakat kurang mampu yang pengerjaananya dilakukan langsung oleh peserta Latsitardanus XLIII dengan didampingi oleh tukang yang telah ditunjuk.

“Sekali lagi ucapan terima kasih kepada Kepala Daerah, Forkopimda, TNI, POLRI, IPDN, BSSN yang telah menempatkan para anggota Latsitardanus di Kota Solok,“ ucap dia.

Mengenai lokasi bedah rumah yang dikerjakan oleh anggota Latsitardanus XLIII/2023 Yontarlat 4/ Kijang yaitu lokasi pertama di Kelurahan Simpang Rumbio (Kecamatan Lubuk Sikarah) dan yang kedua di Kelurahan Nan Balimo (Kecamatan Tanjung Harapan).

Setelah dilakukan peninjauan lapangan oleh Ketua Baznas Kota Solok AKPB (Purn) Zaini dan Wakil Ketua III Bidang Keuangan dan Pelaporan Maqomam Mahmuda beserta staf pendamping di lapangan.

Selain itu, para taruna Latsitarda terlihat aktif dan cekatan dalam melakukan pekerjaan dan nantinya dua unit hasil bedah rumah ini akan diserahkan dari para taruna Latsitardanus XLIII ke Pemerintah Kota Solok untuk diresmikan.

Tampak hadir di lapangan pendampingan anggota Latsitardanus XLIII/2023 dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Bhabinkamtibmas serta pihak kelurahan dalam proses Bedah Rumah BAZNAS Kota Solok.