BPBD Pasaman Barat ingatkan pemudik waspada lokasi rawan bencana

id pasaman barat

BPBD Pasaman Barat ingatkan pemudik waspada lokasi rawan bencana

Salah satu titik longsor di Rimbo Kejahatan Kajai Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat yang harus diwaspadai pemudik lebaran 2023. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, mengingatkan pemudik waspada pada sejumlah lokasi yang rawan terjadi bencana alam secara tiba-tiba.

Sekretaris BPBD Pasaman Barat Gustrizal di Simpang Empat, Rabu, mengatakan bencana alam yang rawan terjadi di Pasaman Barat adalah banjir, longsor, dan gempa bumi

Menurutnya, Pasaman Barat merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana di Sumatera Barat (Sumbar) terutama banjir dan longsor.

"Jika hujan lebat dalam waktu beberapa jam saja, air langsung naik dan merendam rumah warga. Kita perlu waspada," katanya.

Menurutnya, ada sekitar lima aliran sungai yang menjadi langganan banjir di Pasaman Barat, yakni Sungai Batang Pasaman, Batang Sikabau, Batang Bayang, Batang Batahan, dan Sungai Anak Air Haji.

"Setiap hujan lebat biasanya air sungai itu selalu meluap dan mengenangi rumah warga sekitar," katanya.

Ia mengajak masyarakat yang berada di titik rawan banjir lebih waspada saat curah hujan tinggi atau hujan di hulu sungai, termasuk para pemudik yang melintasi jalan itu

Selain di lima sungai besar itu Pasaman Barat juga rawan tanah longsor, terutama di Kecamatan Talamau dan rawan abrasi di Pantai Sasak.

"Khusus daerah Kecamatan Talamau, terutama di Nagari Kajai, saat ini perbukitan tepi jalan itu sangat labil setelah bencana gempa melanda daerah itu," katanya.

Selain perbukitan yang rawan longsor, juga jalan di sepanjang rute Simpang Empat-Talu banyak yang rusak. "Kepada para pemudik diharapkan waspada melewati jalur itu karena rawan longsor," katanya.