Pustaka SMA N 5 Padang terbaik se-Sumbar tahun 2022

id Pustaka

Pustaka SMA N 5 Padang terbaik se-Sumbar tahun 2022

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar serahkan hadiah pada para pemenang. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Pustaka SMA N 5 Padang menjadi yang terbaik dalam Lomba Pustaka SMA/ K terbaik se-Sumbar yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat.

Penyerahan hadiah diserahkan di Aula Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.

"Penilaian sudah dilakukan semenjak September 2022 terhadap pustaka SMA/ K yang sudah tersertifikasi oleh juri yang berkompeten. Kriteria penilaian adalah koleksi, sarana prasarana, pelayanan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan serta penguat kreasi dan inovasi," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar, Novrial di Padang, Selasa.

Ia merinci berdasarkan penilaian juri, peringkat 1 sampai 4 masing-masing Pustaka SMAN 5 Padang, Pustaka SMKN 1 Sutera Pesisir Selatan, Pustaka SMAN 1 Tj Raya Agam dan Pustaka SMAN 6 Padang. Masing-masih meraih tropi, sertifikat penghargaan dari Gubernur Sumbar dan uang tunai.

Novrial berharap ke depan semua pustaka SMA/K sudah tersertifikasi. Saat ini baru 30 (6%) dari 500 pustaka SMA/ K yang tersertifikasi.

"Pustaka juga perlu menjalin jejaring antara sesama pustaka SMA/ K untuk saling ATM (amati tiru dan modifikasi), guna upaya peningkatan kualitas pustaka dengan komponen sesuai SNP," katanya.

Ia juga mengimbau pustaka untuk meningkatkan kegiatan/ event literasi terkait di pustaka dalam rangka meningkatkan gairah membaca bagi para siswa.(*)