Pustaka SMAN 1 Bukittinggi favorit wakili Sumbar penilaian nasional

id SMAN 1 Bukittinggi,Berita bukittinggi,Berita sumbar

Pustaka SMAN 1 Bukittinggi favorit wakili Sumbar penilaian nasional

Kunjugan Tim Penilai ke SMAN 1 Bukittinggi dalam lomba perpustakaan tingkat provinsi, sekolah ini juga difavoritkan mewakili Sumbar hingga perlombaan nasional. (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Perpustakaan SMAN 1 Bukittinggi untuk keempat kalinya mengikuti penilaian pustaka tingkat provinsi yang difavoritkan wakili Sumbar untuk lomba nasional.

“Ada enam pustaka di Sumbar yang mengikuti penilaian tingkat provinsi ini, Bukittinggi diwakili SMAN 1 yang memang menjadi salah satu andalan serta favorit melaju hingga nasional karena sudah dua kali lolos sebelumnya ke pusat," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bukittinggi, Sustinna, Sabtu.

Ia mengatakan Pemkot Bukittinggi tetap melakukan pembinaan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Bukittinggi sesuai arahan Wali Kota dan juga Binda Literasi Bukittinggi.

Perpustakaan sekolah yang diberi nama Pustaka Sunaryaman Mustafa itu juga dinilai tim visitasi di sekolah setempat hingga total sebanyak empat kali mewakili Kota Bukittinggi.

Kepala SMAN 1 Bukittinggi, Silfa Dusun, mengatakan perpustkaan SMA Negeri 1 Bukittinggi pertama kali didirikan bersamaan dengan berdirinya sekolah yang berada di Pasa Bawah itu pada 1856.

Perpustakaan SMAN 1 Bukittinggi diberi nama Perpustakaan Sunaryaman Musthofa pada 2006 yang berasal dari nama salah satu nama kepala sekolah yang menjabat di tahun 1959 hingga 1975.

“Saat ini perpustakaan Sunaryaman Musthofa telah terakreditasi A, ada beberapa program unggulan diantaranya memiliki layanan digital perpustakaan dengan menggunakan aplikasi Inlis Lite, memiliki ruang khusus podcast, memiliki ruang Audiovisual yang dilengkapi dengan panggung belajar dilengkapi dengan TV android berjaring internet dan memiliki pojok literasi di setiap kelas yang berbeda dan diberi tema 34 provinsi di Indonesia,” katanya menjelaskan.

Selain itu Perpustakaan SMAN 1 Bukittinggi juga memiliki koleksi yang lengkap sesuai kebutuhan pemustakaan yang dapat diakses secara offline di perpustakaan maupun online melalui website perpustakaan yang bisa diakses di mana saja.

Perpustakaan juga menerapkan ramah lingkungan dengan mendaur ulang CPU menjadi benda yang berguna, dengan berbagai bentuk seperti rak buku serta memiliki ruang pertemuan Khusus yang bernama Teacher Research and Resource Center (TRRC).

Ketua tim penilai, M. Fadli, menjelaskan, untuk tahun 2023 ini, ada enam perpustakaan di Sumatra Barat yang mengikuti penilaian pustaka terbaik Sumbar, penilaian ini pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan upaya bagaimana perpustakaan sebagai otak sekolah.

“Ada beberapa kriteria penilaian, antaranya, bagaimana semua unit diupayakan terintegrasi dengan perpustakaan sekolah, penilaian juga dititikberatkan pada ekosistem digital, bagaimana perpus berperan penting pada peningkatan prestasi pelajar dan mendorong pustaka jadi otaknya sekolah bukan jantung sekolah,” katanya.