UNP bersinergi dengan Dinas Perpustakaan Arsip Pessel mewujudkan literasi digital

id UNP, pustaka digital,SMPN, Ranah Pesisir

UNP bersinergi dengan Dinas Perpustakaan Arsip Pessel mewujudkan literasi digital

Workshop otomatisasi perpustakaan digital untuk para pustakawan sekolah se-Kecamatan Ranah Pesisir Selatan. (ANTARA/HO)

Painan (ANTARA) - Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang (UNP) berkerjasama dengan Dinas Perpustakaan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dalam pelaksanaan Workshop Otomasi Perpustakaan Digital bagi pustakawan perpustakaan sekolah menengah se-kecamatan Ranah Pesisir.

Kegiatan pengabdian masyarakat menggelar workshop Otomasi Perpustakaan di SMPN 1 Ranah Pesisir, Sabtu, menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidang otomasi perpustakaan.

Para narasumber, yakni Eki Pebriadi selaku Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kabupaten Pesisir Selatan serta Zukri Nur Mustapa selaku CTO perusahaan IOS Cloud Padang.

Pada kegiatan workshop tersebut kedua pemateri melatih para pustakawan untuk dapat mengoperasikan aplikasi otomasi perputakaaan. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan sekolah menuju perpustakaan digital.

Tidak dipungkuri di era perkembangan pembelajaran digital harus di dukung sumber belajar yang memadai untu pelaksanaan pembelajaran digital.

Salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan dalam menfasilitasi belajar digital yakni perpustakaan digital.

Untuk dapat mewujudkan perpustakaan digital maka secara bertahap sekolah mempersiapkan perpustakaan nya untuk dapat melakukan digitalisasi pengelolalaan perpustakaan. Otomasi perpustakaan merupakan tahap penting menuju perpustakaan digital.

Kegiatan workshop otomasi perpustakaan yang di ketuai oleh Fitri Maiziani, M.Pd selaku Dosen departemen Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari. Turut hadir pula Yandes, M.Pd selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesisir Selatan.
Workshop otomatis perpustakaan digital untuk para pustakawan sekolah se-Kecamatan Ranah Pesisir Selatan. (ANTARA/HO)


Yandes dalam kesempatan itu memberikan motivasi bagi sekolah-sekolah untuk dapat mewujudkan perpustakaan digital.

Ia berharap, melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, merupakan langkah awal mewujudkan Kecamatan Ranah Pesisir yang berliterasi digital.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini di buka oleh Kepala sekolah SMPN 1 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan Burhanuddin, M.Pd.

Dalam kesempatan membuka kegiatan, ia menyampaikan harapan agar kerja sama yang telah terjalin antara UNP dengan pihak sekolah akan terus berlangsung.

Terkait banyak kontribusi yang diharapkan pihak sekolah kepada UNP. Kepsek SMPN 1 Ranah Pesisir selaku tuan rumah tempat terselenggaranya acara juga mengungkapkan selain menuju perpustakaan digital, SMPN 1 Ranah Pesisir juga sedang mempersiapkan kelas digital untuk menfasilitasi pelaksanaan pembelajaran baik Blanded maupun online learning.

Justru itu, besar harapan agar UNP dapat terus berkontribusi ke sekolah melalui penelitian dan pengabdian masyarakat dosen UNP, harap Burhanuddin.*
Workshop otomatis perpustakaan digital untuk para pustakawan sekolah se-Kecamatan Ranah Pesisir Selatan. (ANTARA/HO)