Pemkab Pasbar kampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat

id Germas pasbar, pasaman Barat

Pemkab Pasbar kampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat

Wabup Pasaman Barat melakukan cek kesehatan sebagai bentuk kampanye gerakan masyarakat hidup sehat di daerah itu. (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengkampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat dengan mengadakan berbagai macam kegiatan berkaitan dengan kesehatan.

Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto di Simpang Empat, Sabtu mengatakan kesehatan sangat penting dimiliki oleh setiap manusia. Untuk mewujudkan kesehatan itu, maka perlu menciptakan pola hidup sehat.

Diantara kegiatan yang dilakukan adalah

dengan acara senam Germas, pelayanan kesehatan atau pemeriksaan kesehatan, pelayanan kesehatan tradisional, jamu gratis dan donor darah.

Menurutnya dengan berubahnya perkembangan gaya hidup masyarakat saat ini yang dominan lebih menggunakan teknologi seperti bermain handphone, menonton tv dan kegiatan lainnya sehingga kurangnya pergerakan atau aktivitas masyarakat yang menyebabkan pola hidup sehat menjadi terabaikan.

Ia mengimbau untuk tidak mengkonsumsi makanan yang kurang sehat atau makanan siap saji yang dapat mempengaruhi kesehatan generasi yang akan datang.

"Ini menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk mengawasi anak-anak, karena dengan seringnya mengkonsumsi makanan kurang sehat dan siap saji maka akan mempengaruhi kesehatan anak," sebutnya.

Ia menegaskan bahwa Gerakan Hidup Sehat tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan dan lainnya, tetapi juga tanggung jawab kita semua.

"Semoga bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat, sehingga Indonesia bisa kembali sehat dan kembali tumbuh," harapnya.

Ia mengajak masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke tempat pelayanan kesehatan terdekat.

"Puskesmas dan Posyandu kita siap sedia melayani masyarakat. Sektor kesehatan menjadi prioritas Pemkab saat ini," tegasnya. ***3***