Akademisi Seni bentuk SEKOCI untuk memupuk koreografer di Sumbar

id UNP, seni, koregrafer, festival MenTARI, ISI, pegiat seni

Akademisi Seni bentuk SEKOCI untuk memupuk koreografer di Sumbar

Pertunjukan seni kumpulan seni di UNP (Antara/HO)

Padang (ANTARA) - Kumpulan akademisi seni dari berbagai lembaga pendidikan membentuk sebuah komunitas yang diberi nama Serikat Koreografer Cahaya Indonesia (SEKOCI) untuk memupuk dan melakukan upaya regenerasi koreografer di Sumatera Barat.

Akademisi seni itu berasal dari Universitas Negeri Padang (UNP) Indra Yuda dan Herlinda Mansyur, dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang yaitu Susas Loravianti dan Ali Sukri, serta Komunitas Seni Tari Indonesia yaitu Hartati dan Joni Andra.

Platform yang didirikan tersebut mengusung program yang bertajuk “Festival MenTARI 2021” dengan tema yaitu “Belakang Layar”, seperti dirilis Humas UNP, baru-baru ini.

Tujuan dari kegiatan ini adalah menerapkan metoda mentoring secara intensif, efisien dan sistematis terhadap 10 Koreografer Sumatera Barat yang terpilih dengan latar belakang akademisi seni.

Materi mentoring terdiri dari 5 aspek yaitu Koreografi didampingi oleh Hartati, Gagasan didampingi oleh Heru Joni Putra, Musik tari didampingi oleh Taufik Adam, Artistik didampingi oleh Hanafi dan Dramaturg didampingi oleh Adinda Luthvianti.

Selama 3 bulan dilakukan mentoring melalui Zoom Cloud, kemudian hasil proses karya dari peserta mentoring (10 Koreografer) dipertunjukkan dalam bentuk Festival MenTARI 2021.

Pendampingan ini dilakukan dalam bentuk kerja laboratorium (choreoLab) yang dibutuhkan dalam sebuah proses berkarya. Sehingga sesuai dengan kerja dalam program ini maka kami istilahkan dengan Teman Berproses sedangkan bentuk dari kegiatan mentoring yaitu berupa Ruang Reka – Cipta Tari”.

Ketua pelaksana kegiatan festival Susas Rita Loravianti berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi generasi-generasi muda dan pegiat seni Sumbar untuk menjalin kerjasama dan silaturahmi, serta kegiatan ini bisa berkesinambungan setiap tahun.

Kemudian Hartati menyampaikan bahwa, kata “MenTARI; merupakan sebuah metafor; yang memiliki maksud memulai cahaya terang dalam merancang kegiatan festival melalui mentoring/ pendampingan”.

Hasil dari proses yang telah dilakukan selama 3 bulan, dipertunjukkan di Gedung Teater Mursal Esten, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang mulai 6-8 April 2021 dengan menjalankan protokol kesehatan COVID-19.

Kegiatan Festival MenTARI 2021 ini juga tidak terlepas dari jalinan kerjasama beberapa Perguruan Tinggi/ instansi, yaitu Universitas Negeri Padang, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, UPTD Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, dan Djarum Fondation (Bakti Budaya).

Sedangkan penampilan karya 10 Koregrafer dalam Festival MenTARI akan tayang perdana pada 17 sampai 18 April 2021 pukul 15.00 WIB di YouTube Indonesia Kaya.