Tiga jurnalis Antara Sumbar raih juara favorit Anugerah Pewarta Astra

id astra, berita padang, berita sumbar

Tiga jurnalis Antara Sumbar raih juara favorit Anugerah Pewarta Astra

Tangkapan layar Anugerah pewarta Astra 2020

Padang (ANTARA) - Tiga jurnalis LKBN Antara Biro Sumatera Barat terpilih sebagai pemenang favorit Lomba Foto dan Anugerah Pewarta Astra 2020 yang diumumkan secara daring Sabtu melalui akun youtube Satu Indonesia.

Tiga pemenang tersebut yaitu pewarta foto Antara Iggoy El Fitra dengan judul foto Menggiring Bendera Merah Putih, pewarta tulis Miko Elfisha dengan judul karya KBA Tabek Yang Membangun Mimpi Manisnya Gula Semut dan Ikhwan Wahyudi dengan karya Semangat Para Ibu Merenda Benang Harapan di Kampung Jahit Pasar Ambacang.

Dengan tema lomba Semangat Majukan Indonesia, foto dan karya tulis yang dihasilkan mencerminkan berbagai macam festival budaya, landmark, kesenian daerah maupun kontemporer, produk heritage hasil karya turun temurun bangsa Indonesia, maupun aktivitas gotong-royong yang memajukan bangsa Indonesia.

Lomba Foto Astra ke-12 2020 berhasil mengumpulkan 6.122 foto dari 4.966 pendaftar pada kedua kategori, yakni umum dan wartawan, sedangkan Anugerah Pewarta Astra ke-6 tahun 2020 berhasil mengumpulkan 230 artikel dari 992 pendaftar untuk kedua kategori.

Ajang tahunan ini menghadirkan juri yang kompeten, seperti Kepala Redaksi Foto LKBN Antara Prasetyo Utomo, fotografer profesional Nicoline Patricia dan Kepala Departemen Kemahasiswaan & Alumni Politeknik Manufaktur Astra Hari D. Nugroho untuk juri Lomba Foto Astra 2020. Kemudian juri Anugerah Pewarta Astra 2020 terdiri dari Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Yuliana Benyamin, Direktur Pemberitaan Tribun Network KG Febby Mahendra Putra serta penulis buku dan content creator Alexander Thian.

Menurut Prasetyo Utomo, Lomba Foto Astra ke-12 ini mencerminkan semangat maju dari masyarakat Indonesia. “Terlihat dari karya-karya yang bervariasi, baik dari sisi budaya, sosial ekonomi, human interest bahkan aktivitas-aktivitas masyarakat di pelosok Indonesia. Istimewanya lagi, beberapa peserta berhasil ‘menjelajahi’ pandemi COVID-19 ini lalu menuangkannya menjadi karya yg luar biasa,” tambahnya.

“Harapan ke depannya program ini akan terus berjalan dan semakin banyak peserta yang terlibat sehingga semakin banyak pula cerita-cerita inspiratif yang bisa dibagikan ke masyarakat,” ujar Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Yuliana Benyamin.

“Melalui tema Semangat Majukan Indonesia, Astra mengajak seluruh pencinta fotografi dan penulis di Indonesia untuk menebar inspirasi lewat karya-karya terbaik mereka. Ajang ini merupakan ajang tahunan yang secara konsisten Astra adakan agar menambah semangat para peserta untuk selalu mengasah kemampuan mereka dari tahun ke tahun,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Tahun ini Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra mengapresiasi lebih banyak pemenang daripada biasanya yaitu 84 pemenang. Sebanyak 42 pemenang Lomba Foto Astra dan 42 pemenang Anugerah Pewarta Astra baik dari kategori wartawan dan umum yang diumumkan pada hari ini dan meraih hadiah sebagai berikut Juara I 4 Motor Honda CBR 150 R, Juara II 4 Motor Honda ADV 150 CBS, juara III 4 Motor Honda Beat, juara Harapan 12 DJI Mavic Mini dan Hadiah Favorit 60 Samsung Galaxy Fit.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar