BBPPKS Padang kembali fasilitasi tempat penyaluran BST

id Bst

BBPPKS Padang kembali fasilitasi tempat penyaluran BST

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah saat menyerahkan BST kepada penerima bantuan di BBPPKS Padang Kampus II. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang yang merupakan satuan kerja Kementerian Sosial (Kemensos) RI memfasilitasi tempat bagi PT. Pos Indonesia untuk mempermudah masyarakat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di sekitar Kampus II BBPPKS Padang mengambil Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap X.

"Kami membantu memfasilitasi secara tempat di BBPPKS Kampus II Padang untuk penyaluran BST kepada masyarakat di sekitar Kecamatan Pauh untuk memberi kemudahan pada KPM," kata Kepala BBPPKS Padang Beni Sujanto di Padang, Minggu.

Ia mengatakan melalui fasilitasi tempat tersebut maka masyarakat di Kecamatan Pauh akan lebih dekat, tidak beresiko di perjalanan dan dapat mencegah kerumunan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Beni juga mengatakan penggunaan kantor BBPPKS Padang sebagai penyaluran BST sudah lebih tiga kali dilakukan dan menurutnya masyarakat cukup antusias dan bisa merasakan manfaatnya.

Selain mendatangkan KPM ke Kampus II, tim dari BBPPKS Padang bersama PT. Pos Indonesia didampingi Dinas Sosial Kota Padang juga menjangkau rumah penerima bantuan yang tidak mampu untuk datang ke lokasi penyaluran seperti penyandang disabilitas berat serta lanjut usia yang tidak lagi produktif pada 16 Januari 2021.

Untuk penyaluran BST di BBPPKS Padang ada sebanyak 813 KK dengan penerimaan sebesar Rp. 300 ribu serta pelaksanaannya mulai 15 hingga 16 Januari 2021.

Pada penyaluran tersebut Wali kota Padang Mahyeldi berkesempatan untuk membuka acara dan langsung dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis.

"Semoga bantuan dapat bermanfaat guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan sosial masyarakat," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi di Padang, Jumat saat meninjau penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BBPPKS) Regional I Sumatera Padang.

Wali Kota berpesan kepada penerima BST agar menggunakan bantuan tersebut sebagaimana mestinya.

"Belikan uang tersebut untuk kebutuhan pokok keluarga, bukan untuk membeli rokok dan membeli pulsa," ujarnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada BBPPKS Regional I Sumatera Beni Sujanto, dan Kepala Kantor Pos Kota Padang yang telah mendukung penyaluran BST.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial RI terus bekerja membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Jajaran Kemensos terus membuat, memperbaiki, dan menyempurnakan distribusi bantuan sosial.

Salah satu bantuan yang masih disalurkan oleh Kemensos saat ini yaitu BST yakni bantuan sosial bagi keluarga kurang mampu secara ekonomi sebagai akibat dari wabah COVID-19.*