Bupati Sijunjung buka FGD penyusunan dokumen RP3KP

id penyusunan perencanaan, sijunjung, muaro,sumatera barat,info padang

Bupati Sijunjung buka FGD penyusunan dokumen RP3KP

Bupati Yuswir Arifin membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. (ist)

Muaro (ANTARA) - BupatiYuswir Arifin membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP) Kabupaten Sijunjung, SumateraBarat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim-LH) Kabupaten Sijunjung yang dihadiri Kepala Dinas Perkimtan Provinsi Sumbar, Pimpinan PT Metaforma Consultan, Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Sijunjung, Wali Nagari dan tokoh masyarakat serta organisasi kemasyarakatan, di Balairung Kantor Bupati setempat, Selasa.

Dalam laporan Kepala Dinas Perkim-LH, Riky Mainaldi Neri mengatakan, kegiatan FGD ini bertujuan untuk melaksanakan Standart Pelayanan Minimal (SPM) serta tersusunnya analisis yang memerlukan penguatan agar praktek penyusunan RP3KP dan keterpaduan prasarana kawasan, sehingga di bidang perumahan dan permukiman dapat mencapai hasil yang optimal.

“Untuk itu, perlu kita melakukan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP),” ujarnya.

Lalu dikatakan Riky, di sisi lain, agar dapat menunjang pembangunan ekonomi sosial dan budaya di tengah masyarakat, serta pemberdayaan pemangku kepentingan.

Kemudian dengan dilaksanakan ini dapat terakomodasinya seluruh kebutuhan akan perumahan dan permukiman yang dijamin oleh kepastian hukum, terutama bagi kelompok masyarakat yang berpenghasilan rendah, harapnya.
Peserta Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP) Kabupaten Sijunjung, SumateraBarat. (ist)
Sementara itu, Bupati Yuswir Arifin berharap diskusi ini bisa melahirkan sebuah rekomendasi, dengan analisis rencana yang mumpu sesuai dengan tugas Dinas Perkim-LH Kabupaten Sijunjung.

“Karena tujuan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman bagaimana meningkatkan akses masyarakat terhadap hunian yang layak dan terjangkau serta didukung oleh prasarana dan sarana dasar permukiman yang memadai," jelas Bupati.

Dalam penyusunan dokumen RP3KP Kabupaten Sijunjung dibantu oleh PT. Metaforma Consultans.

“Mari kita manfaatkan kesempatan pada FGD kali ini untuk menjaring isu strategis, permasalahan dan rancangan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman, sehingga kita mempunyai dokumen yang benar-benar bisa dijadikan acuan selama 20 tahun kedepan,” tandasnya.

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar