PT SEML bangun Sport Center senilai Rp24 miliar di Solok Selatan

id PT SEML

PT SEML bangun Sport Center senilai Rp24 miliar di Solok Selatan

Asisten I Bidang pemerintahan dan kesra setdakab Solok Selatan Fidel Efendi (dua kiri) Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perumkim Amril Bakri (dua kanan) Field Representative Manager PT SEML Bujang Joan saat pembahasan dokumen UPL dan UKL, Senin. (Antara Sumbar/Erik IA)

Padang Aro, (ANTARA) - PT Supreme Energy Muaralaboh (PT SEML) yang bergerak di bidang Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) membangun sport center senilai Rp24 miliar di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

"Dana Rp24 miliar hanya untuk bangunannya saja dan kami menargetkan pembangunannya sudah selesai akhir tahun atau bertepatan dengan target produksi panas bumi supaya peresmiannya bisa sekaligus," kata Field Representative Manager PT SEML Bujang Joan Datuak Panyalai usai pembahasan dokumen UKL, UPL di Padang Aro, Senin.

Ia menyebutkan setelah selesai dibangun maka akan dihibahkan ke pemerintah daerah sedangkan untuk lahannya akan dilakukan proses tukar guling dengan milik Pemda.

Lahan milik Pemda yang akan ditukar guling katanya, direncanakan dengan lokasi yang saat ini disewa oleh pihaknya seluas 6,5 hektare.

Dia mengatakan, untuk pembangunan sport center pihaknya sudah membebaskan tanah seluas 8,6 hektare.

Sedangkan untuk pembangunan fisik katanya, akan dibangun seluas 3,5 hektare dan sisanya bisa dikembangkan untuk hal lainnya oleh pemerintah.

"Kami sengaja menyediakan tanah 8,6 hektare supaya kalau ada pengembangan oleh Pemda tidak lagi kesulitan lahan," ujarnya.

Saat ini proses pembangunan sport center baru tahap learn clearing sekaligus mengurus kelengkapan izinnya termasuk UKL dan UPL.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Fidel Efendi mengatakan, untuk proses tukar guling lahan nilainya harus sama besar agar tidak ada persoalan dikemudian hari.

Untuk itu katanya, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak ketiga yang akan menilai besaran harga lahan supaya tidak ada ketimpangan.

Pemerintah daerah katanya berterima kasih kepada PT Supreme Energy yang sudah berbuat banyak untuk kemajuan daerah walaupun belum menghasilkan.

"Kami mengucapkan terima kasih pada PT Supreme Energy karena sudah banyak membantu untuk kemajuan daerah walaupun sampaj saat ini belum mengasilkan," ujarnya. (*)