Pengamat: Olahraga Indonesia makin cemerlang lewat dukungan BUMN

id olahraga indonesia,prestasi olahraga indonesia,dukungan bumn untuk olahraga,bumn indonesia,sponsor olahraga,kementerian

Pengamat: Olahraga Indonesia makin cemerlang lewat dukungan BUMN

Atlet bulu tangkis tunggul putra andalan Indonesia Jonatan Christie melakukan selebrasi saat memenangi laga pada ajang Piala Thomas di Chengdu, China. (ANTARA/HO-Humas BNI)

Jakarta (ANTARA) - Pengamat bulu tangkis Indonesia Daryadi mengatakan prestasi olahraga Indonesia semakin cemerlang melalui dukungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam pembinaan atlet melalui pemusatan latihan maupun mengikuti kejuaraan di kancah internasional.

"Di era industri olahraga, sponsor menjadi salah satu faktor penentu dalam prestasi sebuah tim cabang olahraga seperti dukungan BUMN yang membuat olahraga Indonesia semakin cemerlang," ujar Daryadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir aktif mendukung kegiatan olahraga Indonesia. Sepak bola mendapat dukungan dari BRI, bulu tangkis didukung BNI, bola basket didukung Bank Mandiri, bola boli didukung PLN dan angkat besi didukung Pupuk Indonesia.

Sepak bola sebagai cabang olahraga paling digemari di Tanah Air, sangat terlihat kemajuannya khususnya prestasi tim nasional baik kategori senior maupun U-23.

Tim nasional senior selangkah lagi lolos fase ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, sementara, timnas U-23 sukses meraih emas SEA Games 2023 di Myanmar. Tim asuhan pelatih Shin Tae-yong finis di posisi keempat Piala Asia U-23 2024 dan kini bersiap merebut tiket berkompetisi pada Olimpiade Paris 2024.

Dari cabang bulu tangkis para pemain terbaik Indonesia mulai menunjukkan prestasi menjanjikan. Dengan kostum berlogo BNI di dada, Jonatan Christie dan kawan-kawan terus mencetak prestasi gemilang di turnamen internasional.

Terkini, Tim Thomas dan Tim Uber Indonesia mampu melaju ke babak final Piala Thomas dan Uber 2024. Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan lolos ke final usai mengalahkan Korea Selatan 3-2. Sedangkan Tim Thomas melibas China Taipei dengan skor meyakinkan 3-0. Keduanya akan menantang tuan rumah China di laga puncak.

Kemudian, dari cabang bola basket, setelah sukses menjadi tuan rumah kejuaraan dunia, atmosfer kompetisi basket di Indonesia semakin meriah. Tim Pelita Jaya Jakarta mampu lolos ke Basketball Champions League Asia, yang baru pertama kali digelar oleh FIBA. FIBA selaku federasi basket internasional juga akan membuka kantor baru di Jakarta pada 2024.

Cabang Bola Voli tak mau kalah, saat ini, liga voli tertinggi di Tanah Air Proliga 2024, sedang digelar. Sejumlah pemain top dunia terlibat dalam ajang yang disponsori oleh PLN ini. Sebelum Proliga 2024 digelar, klub voli ternama dari Korea Selatan Red Sparks yang diperkuat bintang voli Indonesia Megawati Hangestri Pertiwi sukses menghibur penggemar voli yang memadati Indonesia Arena GBK Senayan.

Cabang olahraga lainnya yakni angkat besi yang mendapat dukungan dari Pupuk Indonesia juga sukses meloloskan atletnya ke Olimpiade 2024 Paris. Serta sukses melakukan regenerasi dengan menggelar kejuaraan nasional angkat besi.

"Sangat penting dukungan BUMN karena olahraga sudah jadi industri. Dengan begini, harus ada investasi yang ujungnya atau tuntutannya prestasi. Jadi, jangan berharap ada prestasi jika tak ada investasi," ujar Daryadi.

Ia mengatakan, BUMN maupun swasta harus berperan sebagai pihak ketiga untuk mengangkat prestasi olahraga nasional, tidak hanya cuma bulu tangkis atau sepak bola, tapi semua cabang olahraga.

Sejalan,Mantan pelatih Timnas Indonesia, Nilmaizar juga mengatakan kehadiran BUMN di segala sektor olahraga sangat penting untuk mendongkrak prestasi.

Ia mengatakan, dukungan BUMN juga sangat dirasakan ketika dirinya melatih klub Semen Padang.

"Bicara seberapa jauh dibutuhkan, sangat diperlukan. Luar biasa jika BUMN mendukung sepak bola Indonesia, bulu tangkis, dan olahraga nasional lainnya. Sebab, ini kan sudah masuk era industri," pungkasnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengamat: Olahraga Indonesia makin cemerlang lewat dukungan BUMN