Harga beras di Baturaja menguat Rp1.000/kg

id beras

Harga beras di Baturaja menguat Rp1.000/kg

Beras (ilustrasi)

Pasokan beras di tingkat petani dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur ini sekarang terbatas dikarenakan mungkin sekarang memasuki musim tanam,
Baturaja, Sumsel (Antaranews Sumbar) - Harga beras di pasar tradisional Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menguat 10 persen atau 1.000/kg dari sebelumnya pada kisaran Rp10 ribu per kilogram, menjadi Rp11 ribu.

"Harga beras jenis premium sekarang menglaami kenaiakn Rp1.000 per kilogram-nya," kata pedagang sembako di Pasar Atas, Ogan Komering Ulu, Susi di Baturaja, Sabtu.

Menurut dia, kenaikan harga beras sejak beberapa pekan terakhir ini dipicu menipisnya persediaan bahan kebutuhan pokok tersebut ditingkat pedagang.

"Pasokan beras di tingkat petani dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur ini sekarang terbatas dikarenakan mungkin sekarang memasuki musim tanam," katanya.

Dampak kenaikan harga tersebut kata dia, omset yang didapat dari hasil penjulan beras saat ini menurun karena pembeli cenderung hanya membeli beras dalam jumlah yang sedikit.

"Sejak harga mahal pembeli hanya membeli beras dalam jumlah yang sedikit," ungkapnya.

Sementara menurut Lisa pedagang sembako lainnya menambahkan selain beras, harga jagung saat ini juga mengalami kenaikan harga dari Rp4 ribu/Kg menjadi Rp6 ribu/Kg.

"Kenaikan harga jagung ini juga dipicu akibat pasokan dari tingkat petani menipis. Mungkin sekarang sedang memasuki musim tanam," jelasnya.

Menurut Lisa, kenaikan harga tersebut berdampak pada omset penjualan yang menurun drastis dibandingkan masih diharga normal sebelumnya.

"Sebelumnya saya bisa menjual 1 ton beras dan jagung dalam 2-3 hari. Namun sekarang dalam kurun waktu tersebut paling sekitar satu ton yang laku terjual," ujarnya.(*)