Gubernur Mahyeldi Salurkan 220 Ton Beras Cadangan Pangan untuk Warga Pessel Terdampak Banjir dan Longsor

id Mahyeldi

Gubernur Mahyeldi Salurkan 220 Ton Beras Cadangan Pangan untuk Warga Pessel Terdampak Banjir dan Longsor

Gubernur Mahyeldi. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menyalurkan bantuan beras Cadangan Pangan Pemprov (CPP) Sumbar sebanyak 220 ton untuk masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sabtu (16/03/2024). Gubernur meminta agar pendistribusian kepada seluruh warga dapat dilakukan secara menyeluruh.

"Alhamdulillah, hari kita menyalurkan cadangan beras pangan untuk masyarakat di Pesisir Selatan sebanyak 220 ton. Setelah ini juga akan datang bantuan beras dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) sebanyak 168 ton. Sebelumnya, Pemkab Pesisir Selatan juga telah menyalurkan sebanyak 51 ton," ucap Gubernur di Kantor Camat Sutera.

Gubernur menyebutkan, penyaluran beras cadangan pangan bertujuan untuk meringankan beban warga Pessel, yang tengah dalam masa pemulihan pascabencana banjir dan longsor yang melanda pada 7-8 Maret lalu. Terlebih, saat ini masyarakat tengah menjalani ibadah puasa Ramadhan, sehingga sangat membutuhkan bantuan guna pemenuhan pasokan pangan sehari-hari.

"Semoga bantuan cadangan pangan ini dapat menghibur duka saudara dan dunsanak kita di Pesisir Selatan. Kami minta jajaran pemerintah terkait di Kabupaten Pessel segera mendistribusikan beras ini kepada seluruh warga yang terdampak. Sebab, 13 dari 15 kecamatan yang ada di Pessel terdampak oleh banjir dan longsor, sehingga penyaluran bantuan beras ini harus dilakukan secara cepat dan merata," ucap Gubernur lagi.

Sebanyak 220 ton atau 220.000 kilogram beras cadangan dari Pemprov Sumbar untuk Kabupaten Pessel tersebut, ditempatkan di dua titik, yaitu Kantor Camat Tarusan dan Kantor Camat Sutera. Masyarakat menyatakan sangat berterima kasih atas bantuan beras yang disalurkan di tengah duka yang melanda warga pascabencana banjir dan longsor.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur dan jajaran beliau di Provinsi. Bantuan beras ini sangat dibutuhkan oleh warga kami. Semoga bantuan lainnya, termasuk untuk perbaikan rumah, juga bisa kami terima dari pemerintah," ucap Uul Saputra, tokoh pemuda Bayang, di sela agenda penyaluran beras cadangan tersebut.

Turut serta mendampingi Gubernur dalam penyaluran beras cadangan tersebut, Kabiro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setdaprov Sumbar, Mursalim; Sekretaris Dinas Pangan, Edi Dharma; serta jajaran lain di lingkup Pemprov Sumbar dan Pemkab Pessel. *