Pemerintah salurkan 388 ton beras untuk tangani dampak banjir

id beras cadangan,banjir pesisir selatan,beras bantuan,beras bulog,muhammad zulfikar,mahyeldi,banjir sumbar

Pemerintah salurkan 388 ton beras untuk tangani dampak banjir

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi saat diwawancarai di Padang. ANTARA/Muhammad Zulfikar

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bersama Badan Pangan Nasional (Bapanas) telah menyalurkan 388 ton beras untuk menangani dampak banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) pada awal Maret 2024.

"Pemerintah provinsi sudah mengirimkan 220 ton beras ditambah lagi bantuan Bapanas 168 ton untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir di Kabupaten Pesisir Selatan," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi, di Padang, Kamis.

Selain Kabupaten Pesisir Selatan, pemerintah daerah juga menyalurkan beras ke sejumlah daerah di antaranya Kabupaten Agam, Tanah Datar, Kota Padang Panjang, dan Kabupaten Limapuluh Kota. Hanya saja alokasi beras ke Kabupaten Pesisir Selatan lebih banyak mengingat cakupan wilayah yang terdampak bencana lebih luas yakni 15 kecamatan.

Gubernur menyebutkan saat ini masih terdapat stok beras cadangan sekitar 100 ton yang akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Kendati demikian, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, pemerintah akan menambah pasokan beras cadangan.

"Stok cadangan ini akan kita gunakan lagi bagi masyarakat yang membutuhkan dalam rangka tanggap darurat," ujar Mahyeldi.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumbar Endang Kurnia Saputra mengatakan saat ini cadangan beras di Perum Bulog Kanwil Sumbar masih cukup banyak yakni sekitar 27 ribu ton.

Selama operasi pasar murah digelar di sejumlah daerah, BI melihat stok beras yang disiapkan pemerintah selalu habis atau terjual. Artinya, upaya pemerintah khususnya tim pengendalian inflasi daerah (TPID) berjalan dengan baik.

"Jadi operasi pasar murah ini diserap dengan baik oleh masyarakat. Sisanya, cadangan beras Bulog masih ada sekitar 27 ribu ton ditambah cadangan beras pemerintah," kata Kepala BI Perwakilan Sumbar itu.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah menyalurkan 388 ton beras untuk tangani dampak banjir