Kopertis X dorong kampus ciptakan pengusaha baru

id Kopertis

Kopertis X dorong kampus ciptakan pengusaha baru

Kopertis X (Antara Sumbar/M R Denya).

Bukan hanya melalui kuliah, namun juga mendorong kampus menyediakan bantuan untuk mahasiswa membuka usaha serta memberikan motivasi ke arah itu
Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X mendorong kampus di bawah binaannya untuk menciptakan wirausahawan baru dari mahasiswa dan alumni.

"Bukan hanya melalui kuliah, namun juga mendorong kampus menyediakan bantuan untuk mahasiswa membuka usaha serta memberikan motivasi ke arah itu," ujar Koordinator Kopertis X Prof Herri di Padang, Kamis.

Dalam hal mengadakan kuliah kewirausahaan, sudah semestinya dilaksanakan rutin oleh semua kampus yang saat ini berjumlah 250 tersebar di Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau.

Terlebih telah ada arahan presiden dan peraturan pemerintah, kuliah menjadi wajib dilaksanakan oleh kampus.

Dengan adanya kuliah kewirausahaan ini akan memberikan pemahaman sekaligus memperkuat minat mahasiswa berwirausaha.

Melalui pemaparan sejumlah tokoh ekonomi dan pengusaha lokal serta nasional akan menstimulasi mahasiswa untuk terjun membuka usaha.

"Kelanjutan kuliah, guna memberikan semangat mahasiswa dibantu untuk modal awal," ujar dia.

Misalnya memberikan kesempatan modal 50 persen dari total modal awal bagi mahasiswa.

Ini dapat dilakukan melalui bantuan program kegiatan mahasiswa atau khusus pada unit kewirausahaan.

Artinya kampus juga wajib memiliki unit kewirausahaan untuk mengakomodasi kepentingan mahasiswa tersebut.

Karena kampus swasta, tentu pimpinan perlu berkoordinasi dengan yayasan untuk penyediaan dana tersebut.

"Bila kampus telah terencana dalam mendidik wirausahawan baru, Kopertis menyediakan penghargaan bagi yang berprestasi," kata dia.

Di Kopertis X sejak 2017 lalu telah diselenggarakan "enterpreneurship awards" atau penghargaan bagi wirausahawan mahasiswa berprestasi.

Ternyata hal ini telah membantu Kopertis dalam mengidentifikasi wirausahawan di kalangan mahasiswa yang selama ini terdeteksi.

Dengan penghargaan wirausahawan kreatif, jago modal dan sebagainya diprediksi akan meningkat peminatnya tahun ini dari sebelumnya yang mencapai 100 orang.

Tentu dengan jumlah mahasiswa saat ini 202.110 mahasiswa, sekitar 5 persen lebih telah menjadi wirausahawan meski dalam skala kecil.

Ini yang akan didorong melalui inovasi dan pencarian pasar di masa depan. (*)