LLDIKTI-X : pengabdian masyarakat berorientasi peningkatan taraf ekonomi

id kopertis

LLDIKTI-X : pengabdian masyarakat berorientasi peningkatan taraf ekonomi

Kepala LLDikti X Prof Herri. (Antara Sumbar)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah X Prof Herri mendorong dosen di lingkungan kerjanya memaksimalkan kegiatan pengabdian guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Bukan semata mengaplikasikan ilmu dan penelitiannya, pengabdian juga dapat membantu masyarakat memunculkan kreativitas dan daya juang menjadi wirausaha" ujarnya, di Padang, Selasa.

Misalnya kata di dalam bidang teknologi pertanian melalui penciptaan alat bajak atau gilingan padi, orientasinya mempermudah masyarakat dalam memperoleh produksi yang maksimal.

Atau dalam bidang kesehatan masyarakat, bukan hanya memaparkan atau memberikan penyuluhan saran untuk hidup sehat, melainkan juga keberlanjutan perilaku hidup sehat yang menopang peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

Terlebih pada bidang ekonomi, jelas harus dapat mencarikan solusi cara termudah dan efektif berwirausaha.

Bila hal ini berjalan dengan baik kata Herri, pengabdian masyarakat lebih bernilai serta tepat sasaran.

Artinya masyarakat sekitar ikut serta merasakan dampak dari keberadaan perguruan tinggi dalam satu wilayah.

Lebih jauh secara tidak langsung akan membantu pembangunan ekonomi di daerah.

Contoh sederhananya semakin banyak yang berwirausaha dapat menekan pengangguran, dan taraf ekonomi di suatu daerah meningkat, implikasinya kegiatan ekonomi lebih baik dan pembangunan berjalan optimal.

Untuk itu kata dia, dosen perlu melakukan perencanaan pengabdian masyarakat berorientasi peningkatan taraf ekonomi tersebut lebih rinci.

Mulai dari penelitian kemudian rencana pengabdian masyarakat telah tersusun sistematis termasuk sasaran yang ingin dicapai. (*)