Koperasi Pegawai Negeri Kopertis Wilayah X gelar RAT Ke 30

id Berita lldikti,Berita sumbar,Berita padang

Koperasi Pegawai Negeri Kopertis Wilayah X gelar RAT Ke 30

KPN Kopertis Wilayah X saat menggelar Rapat Anggota Tahunan ke 30 sekaligus mendiskusikan terkait koperasi syariah di Padang. (ANTARA/Humas LLDIKTI-X)

Padang (ANTARA) - Koperasi Pegawai Negeri Kopertis Wilayah X menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2021 secara daring dan luring di aula lantai 3 LLDIKTI Wilayah X, Senin (21/3).

Plt Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA selaku Pembina KPN Kopertis Wilayah X di Padang, Senin dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan RAT yang diselenggarakan lebih cepat dari tahun sebelumnya.

Prof Herri menyebutkan pelaksanaan RAT tahun buku 2021 ini menunjukkan pengurus bekerja dengan baik. Selain penyelenggaraan RAT, kinerja pengurus dalam menjalankan koperasi dituntut lebih baik karena koperasi hadir dari kita dan untuk kita.

Lebih lanjut, Pembina KPN Kopertis Wilayah X mengatakan kepercayaan anggota menjadi modal dalam pengelolaan.

"Koperasi hadir dari kita dan untuk kita. Mari besarkan bersama. Koperasi memiliki dana, keinginan, dan sumber daya lain yang bisa diupayakan untuk kesejahteraan anggota," ucapnya.

Menurut Prof Herri koperasi itu berbasis orang, bukan terbatas pada modal saja. Di sini, koperasi dikelola oleh orang dari perguruan tinggi, begitupun dengan anggota. Harusnya, memiliki pemikiran yang jauh lebih tinggi.

Ia berharap koperasi tersebut bisa menjadi contoh baik dalam tata kelola, bidang usaha serta kepuasaan semua anggota.

Pada kesempatan RAT tahun buku 2021 ini, setiap anggota diberikan kesempatan untuk menyampaikan masukan dalam rangka pengelolaan koperasi yang jauh lebih baik.

Selain itu, Prof Herri mengatakan KPN Kopertis Wilayah X juga merupakan wadah persaudaraan. RAT menjadi sebuah kesempatan bersilaturrahmi. Perlu kita tanamkan semangat bersama untuk menjadikan koperasi lebih besar dengan prinsip tolong menolong serta gotong royong.

Sementara itu, Harry Prautama Kabid Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang mengatakan salah satu tugas pengurus koperasi adalah membebaskan anggota dari ketergantungan dengan pihak lain seperti perbankan, karena hal itu akan membesarkan lembaga keuangan lainnya.

Menurutnya, modal koperasi dapat diperkuat dengan cara menaikkan besaran simpanan wajib atau menggalakkan simpanan berjangka. Selain itu, kejelian pengurus dalam pengelolaan juga menjadi tuntutan semua anggota dalam mewujudkan koperasi yang kuat.

"Manfaatkan RAT ini sebagai wadah bersama. Tidak hanya pengurus, perlu partisipasi semua anggota sebagai penentu arah koperasi, pengguna jasa, konsumen koperasi sehingga menumbuhkan rasa memiliki. Tumbuhkan kepercayaan anggota dengan menanamkan prinsip kehati-hatian," ucap Harry.

Ketua Pengurus KPN Kopertis Wilayah X Dr Suryani mengatakan penyelenggaraan RAT tahun buku 2021 ini dihadiri oleh 150 orang anggota secara luring dan 33 orang melalui zoom meeting.

"Alhamdulillah, pelaksanaan RAT KPN Kopertis Wilayah X berjalan dengan baik. Sebelum pelaksanaan RAT, bersama anggota kami melaksanakan rapat khusus untuk mendengarkan saran anggota untuk kemajuan koperasi di masa mendatang,” tutup Suryani.