Telkomsel antisipasi lonjakan trafik data di Sumbar

id Dirut Telkomsel,Trafik Data Sumbar

Telkomsel antisipasi lonjakan trafik data di Sumbar

Direktur Utama Ririek Adriansyah (kiri) (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Telkomsel berupaya untuk mengantisipasi lonjakan trafik data yang terjadi selama Ramadhan, serta Lebaran di Sumate Barat (Sumbar), termasuk saat masa mudik.

"Diperkirakan dalam periode Ramadhan serta Lebaran, penggunaan trafik data di Sumbar meningkat 45 persen dibandingkan hari normal," kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, dalam keterangan tertulis yang diterima di Payakumbuh, Jumat.

Oleh karena itu, lanjutnya, anak perusahaan BUMN tersebut mulai meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik, serta pusat-pusat keramaian publik.

Untuk wilayah Sumbar, Telkomsel memprioritaskan tiga jalur mudik yaitu rute Padang-Rao, Padang-Sungai Rumbai, dan Padang-Pekanbaru.

Selain itu juga dipetakan sejumlah lokasi khusus seperti Bandara Internasional Minangkabau, Jam Gadang Bukittinggi, dan lainnya sebagai titik keramaian.

Ia mengatakan persiapan itu dalam upaya memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan, pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018.

"Bagi kami periode RAFI adalah sesuatu yang istimewa, karena momen ini jaringan dan layanan Telkomsel sedang diuji. Karena itu persiapan dilakukan sejak jauh hari," katanya.

Secara nasional lonjakan trafik data diperkirakan meningkat jadi 40% dibandingkan hari normal.

Tingginya penggunaan layanan data dipicu aktifitas masyarakat yang sering mengunggah foto, video, atau aktifitas lain di media sosial serta aplikasi pesan instan.

"Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses informasi kuliner, penginapan, serta menikmati berbagai layanan hiburan digital, seperti video, musik, dan permainan," katanya.

Ia mengatakan secara khusus Telkomsel membangun 12.000 Base Transceiver Station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia, untuk menghadirkan layanan berkualitas serta berkapasitas memadai.

"Secara keseluruhan kenyamanan pelanggan didukung lebih dari 167.000 BTS di seluruh Indonesia, 35.000 BTS 4G untuk memaksimalkan penggunaan layanan data," katanya.

Pada bagian lain, Telkomsel juga menggelar posko layanan di 772 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama.