Telkomsel lanjutkan program migrasi jaringan 4G/LTE di Sumbar

id Telkomsel,migrasi jaringan 4G/LTE di Sumbar,Berita sumbar,Berita padang

Telkomsel lanjutkan program migrasi jaringan 4G/LTE di Sumbar

Teknisi Telkomsel melakukan pemeriksaan serta perawatan tower jaringan. ANTARA/HO-Telkomsel

Padang (ANTARA) - Telkomsel terus melanjutkan proses migrasi jaringan dari layanan 3G ke 4G/LTE untuk wilayah Sumatera Barat (Sumbar) sepanjang September yaitu di Kabupaten Pasaman dan Solok Selatan.

"Proses upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE tersebut akan dilakukan secara bertahap di kedua daerah demi menghadirkan konektivitas digital berteknologi terdepan yang merata dan kualitas setara," kata General Manager Network Service Assurance Sumbagteng Telkomsel Artha Abimanyu, dihubungi dari Padang, Selasa.

Ia mengatakan proses upgrading layanan Jaringan 3G ke 4G/LTE Telkomsel tersebut adalah bagian yang ditargetkan rampung secara nasional pada Desember 2022.

Telkomsel berharap migrasi jaringan itu semkain membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati dan memaksimalkan pengalaman akses broadband 4G/LTE yang lebih merata, cepat, stabil, dan dapat diandalkan.

"Kehadiran jaringan 4G/LTE dapat memaksimalkan aktivitas digital sehari-hari masyarakat, ataupun mengakselerasi transformasi digital di dalam mendukung aktivitas sampai tingkat pelosok," jelasnya.

Dengan peningkatan kelas jaringan tersebut maka pelanggan Telkomsel harus mengupgrade kartu serta device yang bisa mendukung jaringan 4G/LTE, karena secara otomatis jaringan 3G tidak bisa lagi diakses.

Oleh karena itu pihak Telkomsel mengajak seluruh pelanggan yang saat ini masih menggunakan layanan 3G untuk segera beralih ke layanan 4G/LTE.

Bagi pelanggan yang ingin melakukan pengecekan terkait Simcard atau kartu dan device 4G nya dapat mengakses melalui layanan UMB di *888*47#.

Sedangkan pelanggan yang masih menggunakan kartu yang belum mendukung layanan 4G dapat melakukan migrasi di GraPARI terdekat.

Untuk memastikan proses migrasi jaringan di dua kabupaten itu berjalan dengan baik tanpa mengurangi kenyamanan pelanggan, Telkomsel telah mempersiapkan seluruh persiapan.

"Kami telah menyiapkan perencanaan dan persiapan teknis, sosialisasi hingga tahapan mitigasi secara optimal sampai tingkat kecamatan," katanya.

Artha memyebutkan hingga saat ini Telkomsel telah menggelar lebih dari 13 ribu BTS 4G/LTE di wilayah operasional Sumbagteng, Khusus untuk Sumbar telah digelar lebih dari 4 ribu BTS 4G/LTE.

"Telkomsel juga akan terus menambah BTS 4G/LTE baru di sepanjang tahun 2022 untuk mendukung beragam aktivitas digital dan layanan broadband yang lebih maksimal," katanya.

Pada bagian lain, Telkomsel menyatakan pihaknya telah mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk terus melakukan proses upgrading untuk mewujudkan pemerataan dan kesetaraan akses broadband terdepan.

Hal itu dilakukan demi membuka lebih banyak peluang penguatan ekosistem digital yang inklusif hingga ke pelosok negeri.