Rumah Baca Solok Ajarkan Generasi Lebih Multitalenta

id Rumah Baca Solok

Padang, (Antara Sumbar) - Rumah baca di Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Sumatera Barat mengajarkan generasi muda mempunyai beberapa keahlian sebagai bekal untuk meraih cita-cita dikemudian hari.

"Rumah baca yang bernama Taman Ilmu H. Abdul Moeis ini selain menyediakan buku baca seperti pelajaran dan buku cerita lainnya, kami juga memberikan keterampilan dalam menguasai komputer, Bahas Inggris, dan juga beberapa alat musik," kata Wakil Ketua Taman Ilmu Zeynita Gibbons di Padang, Selasa.

Ia mengatakan mempunyai banyak kemampuan merupakan tabungan untuk masa depan, baik itu kemampuan akademis maupun keterampilan bermain musik.

"Karena tidak hanya membaca kami juga mendukung bakat lainnya yang bisa dipoles menjadi suatu keahlian dasar," katanya.

Selain itu, kemampuan berbahasa Inggris juga harus dimiliki setiap siswa pada zaman modern ini yang mana penggunaan bahasa tersebut sudah menjadi konsumsi masyarakat pada umumnya.

Ia mengatakan dalam pemberian materi tidak selalu diadakan di dalam ruangan. Alam terbuka menjadi guru. "Dengan belajar di alam terbuka, mereka bisa lebih menangkap apa yang dimaksud dalam materi yang disampaikan," ujarnya.

Kursus komputer juga disediakan di Taman Ilmu ini dalam menunjang keahlian lainnya, karena dengan mengetahui bagaimana cara mengoperasikan komputer dan segala fungsinya siswa dapat sekaligus memperoleh kemampuan dasar untuk bekal dalam bergelut di dunia kerja nantinya.

"Saat ini Taman Ilmu memiliki kurang lebih 5000 buku bacaan, enam tenaga pengajar, dan beberapa ruang sebagai wadah belajar," ujarnya.

Ia mengharapkan bagi anak-anak dan pelajar mulai dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP), bisa memanfaatkan Taman Ilmu sebagai sarana belajar tambahan, dan juga untuk mengasa kemampuan non akademik.

"Karena cerdas tidak hanya dilihat dari kemampuan akademis namun non akademis juga, karena dapat menguasai berbagai bidang kunci sukses dimasa depan," ujarnya. (*)