Walikota Suzhou RRT Kunjungi Kampus Unand

id Padang, Unand, Walikota Suzhou

Padang, (Antara) - Walikota Suzhou Negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Zhou Yong melakukan kunjungan ke kampus Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat, Rabu.

"Kedatangan Walikota Suzhou di Unand ini untuk melakukan penjajakan kerja sama dalam bidang pendidikan khususnya pendidikan tinggi, serta memberikan kuliah umum," kata Rektor Unand Werry Darta Taifur, di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan Zhou Yong memberikan kuliah seputar pengenalan Kota serta penjelasan tentang perkembangan perekonomian Tiongkok saat ini.

Selain itu katanya, Zhou Yong juga memberikan sedikit pengajaran kepada mahasiswa Unand tentang pentingnya peranan pemuda dalam kemajuan suatu negara.

Menurutnya keberhasilan Zhou Yong dalam memimpin kota yang terkenal dengan perekonomian dan pariwisata tersebut dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa Unand dalam mencapai prestasi.

"Selain memberikan kuliah , Zhou Yong juga mengajak Unand untuk melakukan pertukaran mahasiswa dengan universitas di Suzhou," Kata Werry.

Dalam upaya ini katanya, Zhou Yong memperkenalkan profil Universitas Suzhou kepada pimpinan dan mahasiswa Unand.

Di Samping itu Zhou Yong juga menyebutkan keunggulan dan kelebihan universitas yang lebih berorientasi pada bidang keteknikan ini, ucapnya.

Dia berharap kerja sama dan pertukaran mahasiswa antara Unand dan Universitas Suzhou ini dapat terlaksana secepatnya.

Seiring dengan tercapainya kerja sama antara Kota Padang dan Kota Suzhou untuk menjadi "Sister City", ujarnya.

Sementara itu Dalam Kuliahnya Zhou Yong mengungkapkan kekagumannya kepada lokasi kampus Unand serta sivitas Akademikanya.

Menurutnya Kampus Unand memiliki keindahan karena banyak ditumbuhi pepohonan hijau.

Selain itu katanya, banyaknya jumlah sumber daya di Unand dapat menjadi modal yang potensial untuk perkembangan kampus ke depan.

Untuk itu Dia juga berharap kerja sama antara universitas Suzhou dengan Unand dapat segera terjalin dalam waktu dekat. (*)