BPJS Kesehatan berikan inovasi Layanan Online di daerah jauh jangkauan

id BPJS Kesehatan,berita agam,berita sumbar

BPJS Kesehatan berikan inovasi Layanan Online di daerah jauh jangkauan

Pemerintah daerah Silungkang Palembayan Agam menandatangani perjanjian kerjasama pelayanan BPJS Online (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat melalui BPJS Online dalam upaya mempermudah akses dan memperluas jangkauan layanan kesehatan di daerah dengan jarak jauh dari jangkauan.

Program ini memungkinkan Peserta JKN untuk mengakses berbagai layanan administrasi BPJS Kesehatan secara daring, mulai dari pendaftaran, pengaduan hingga perubahan faskes dapat dilakukan melalui BPJS Online.

Nagari atau Desa Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam mengambil bagian dalam pengembangan layanan ini.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi, Jumat (6/9) mengungkapkan bahwa saat ini sudah lima kelurahan atau nagari yang sudah melakukan kerjasama BPJS Online di seluruh wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi.

“Lima Nagari tersebut tersebar di beberapa wilayah kerja kami yaitu 2 di Kabupaten Agam, 1 di Kabupaten Pasaman dan 2 lagi di Kabupaten Pasaman Barat. Tentunya ini akan terus berproses, karena dalam minggu ini kemungkinan ada penambahan lagi di 2 nagari yang ada di Kabupaten Agam,” kata dia.

Haris mengatakan saat ini Nagari Tigo Koto Silungkang tengah menandatangani proses Kerjasama BPJS Online di daerahnya.

“Alhamdulillah sudah berjalan dari hari rabu kemarin. Setelah dilakukan penandatanganan kerjasama dengan pihak nagari, kami langsung lakukan uji coba dan melakukan evaluasi. Tentu kami mengharapkan agar kedepannya pelayanan ini terus bisa dijadwalkan dengan baik,” ujar Haris.

Selain itu Haris juga menyampaikan bahwa pelayanan BPJS Online ini adalah salah satu kanal layanan non tatap muka yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan yang menunjang kebutuhan masyarakat di era digitalisasi layanan ini.

“Kami mempunyai beragam kanal layanan untuk masyarakat, mulai dari pelayanan tatap muka maupun non tatap muka," kata Haris.

Di antara dua pelayanan tersebut, Haris juga mendorong masyarakat khususnya di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi untuk memanfaatkan layanan non tatap muka yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan.

“Saat ini zaman sudah mengarah kepada era digitalisasi termasuk dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Digitalisasi layanan ini seharusnya mampu menjembatani masyarakat yang terkendala waktu ataupun jarak," kata Haris.

Sementara itu, Walinagari Tigo Koto Silungkang, Doni Cendra mengatakan bahwa Nagarinya sangat mendukung penuh akan Kerjasama tentang BPJS Online yang dilakukan BPJS Kesehatan dengan nagarinya.

“Kami sangat mendukung kehadiran BPJS Online ini di tengah-tengah Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, Agam. Karena melalui BPJS Online ini kami bisa mendapat jawaban atas kendala yang timbul di tengah masyarakat kami mengenai pelayanan kesehatan," kata dia.

Silungkang menjadi lokasi kedua setelah Nagari Duo Koto di Kabupaten Agam yang menghadirkan layanan BPJS Online di Kantor Walinagarinya.

"Tentu ini juga terfikirkan ketika kami mendengar setiap masukan dari masyarakat di Nagari Tigo Koto Silungkang. Kami sangat menantikan kerjasama BPJS Online ini akan terus berjalan demi memenuhi harapan masyarakat,” pungkasnya.