Gubernur Mahyeldi Tegaskan Komitmen Pemprov Sumbar untuk Pemenuhan Hak Anak di Sumbar

id Mahyeldi

Gubernur Mahyeldi Tegaskan Komitmen Pemprov Sumbar untuk Pemenuhan Hak Anak di Sumbar

Sumbar ramah anak. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Ke-40. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) menggelar Iven Panggung Ekspresi Anak Sumatera Barat Tahun 2024. Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menyebut kegiatan tersebut merupakan simbol besarnya komitmen pemprov dalam upaya pemenuhan hak anak di Sumbar.

"Kegiatan ini sengaja kita angkat, sebagai bentuk kehadiran pemerintah dalam menyediakan ruang bagi anak menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi dirinya. Itulah yang selama ini terus kita jaga dan gaungkan melalui berbagai program dan kegiatan di Pemprov Sumbar," ungkap Mahyeldi saat membuka acara di Lapangan Cindua Mato, Kab. Tanah Datar, Kamis (29/8/2024).

Mahyeldi kemudian menegaskan, hak setiap anak mesti terpenuhi, sebab mereka nanti akan menjadi penerus keluarga, bangsa dan peradaban. Mereka harus dibentuk menjadi generasi yang kuat dan berdaya saing, tanggungjawab itu tidak hanya ada pada pemerintah, tapi juga masyarakat melalui peran orang tua.

"Itulah hakikat dari perayaan hari anak ini, hak setiap anak harus terpenuhi, minat dan bakatnya terfasilitasi, rasa nyaman dan bahagia harus ada pada dirinya. Mewujudkan itu adalah tugas kita bersama," tegas Mahyeldi

Sementara itu, Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar, Inhendri Abas mengatakan pihaknya merasa terhormat dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan puncak peringatan HAN Ke-40 Tingkat Provinsi Tahun 2024.

"Terima kasih Tanah Datar telah dipercaya provinsi sebagai tuan rumah puncak peringatan HAN Ke-40 Tahun 2024 ini. Ini akan menambah semangat kerja kami dalam memastikan hak setiap anak terpenuhi secara optimal," ungkap Inhendri.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas D3AP2KB Sumbar, Herlin Sridiani mengatakan peringatan HAN Ke-40 tingkat provinsi Tahun 2024 ini diselenggarakan selama satu hari penuh dan mengusung tema "Panggung Ekspresi Anak Sumatera Barat Tahun 2024" yang dikemas dengan tagline "Kembali Ceria Dan Bergembira".

Dijelaskannya, banyak rangkaian kegiatan yang telah ia siapkan untuk memeriahkan momentum ini. Diantaranya, Lomba Menulis Esai tingkat SD,SLTP,SMA/SMK/SLB, dan Lomba Panggung Ekspresi Forum Anak. Kemudian juga ada Anugerah Forum Anak Terinovatif dan Kreatif, Penampilan Marching Band, Pameran/Bazar, Talkshow Parenting, Permainan Tradisional, Temu Ramah dan Pembacaan SAI, serta Penampilan Gerak dan Lagu.

"Sepenuhnya, itu semua kita selenggarakan untuk mengakomodir ruang kreasi setiap anak-anak di Sumbar, tanpa mengesampingkan sisi edukasi," terang Herlin.