Pemkot Padang Panjang lakukan persiapan jelang Penilaian IGA 2024

id Pj. Wali Kota Padang Panjang Sumatera Barat, Sonny Budaya Putra

Pemkot Padang Panjang lakukan persiapan jelang Penilaian IGA 2024

Pj. Wako Sonny. BP pimpin rapat evaluasi input data IGA 2024, baru 50 inovasi memiliki kualitas nilai diatas rata-rata

Padang Panjang (ANTARA) - Pj. Wali Kota Padang Panjang Sumatera Barat, Sonny Budaya Putra menyebutkan Innovative Government Award (IGA) merupakan komitmen Pemkot Padang Panjang, untuk mewujudkan pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih baik.

"IGA ini memang menjadi sesuatu yang kita lakukan sangat serius, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Meskipun masih ada waktu hingga 2 Agustus, kita akan terus berupaya maksimal untuk mencapai target 10 besar seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Sonny, pada rapat evaluasi untuk capaian penginputan data IGA 2024, Jumat (26/7) di Aula BKPSDM.

Penilaian Innovative Government Award (IGA) 2024 diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri. Pemerintah Kota Padang Panjang, berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui berbagai inovasi.

Sebelumnya Pj. Wako Sonny Budaya Putra, minta kepala OPD, camat, dan pejabat terkait lainnya, serius dan komitmen melakukan percepatan penginputan inovasi baru dan pembaharuan dalam persiapkan

Penilaian IGA 2024.

"Proses penyiapan dokumen inovasi yang baru maupun bersifat pembaharuan, sekitar 176 inovasi dari seluruh OPD akan dilaksanakan paling lambat 2 Agustus mendatang, dengan komitmen dan keseriusan semoga penginputan bisa sesuai jadwal," harap Sonny.

Plt Kepala Bappeda, Argus Saadah, S.Sos, M.Si menyampaikan, berdasarkan rekapitulasi hingga 26 Juli 2024, sebanyak 22 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah melakukan penginputan data inovasi.

"Masih ada dua OPD yang belum melaporkan inovasinya. Dari total 179 inovasi yang dilaporkan, hanya 50

inovasi yang dinilai memiliki kualitas di atas rata-rata," kata dia.

Menurut dia penginputan data mesti mempedomani ketentuan berlaku atau juknis dari Kemendagri. Termasuk penyiapan data pendukung. Inovasi memiliki nilai kematangan minimal 90 poin.

Pemerintah Kota Padang Panjang, terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui berbagai inovasi yang diinput dalam partisipasi penilaian IGA award 2024 sekaligus pembuktian tingkat kualitas inovasi yang diterapkan dalam mewujudkan peningkatan pelayanan publik.