Pemkot Bukittinggi angkat kearifan lokal Minangkabau melalui Fashion Show Kebaya

id Pemkot Bukittinggi,Penampilan Fashion Show Kebaya di Kota Bukittinggi., Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar,berita bukittinggi,berita sumbar

Pemkot Bukittinggi angkat kearifan lokal Minangkabau melalui Fashion Show Kebaya

Penampilan Fashion Show Kebaya di Kota Bukittinggi. Pemkot Bukittinggi menggelar kegiatan ini untuk mengangkat kearifan lokal yang bertepatan dengan Hari Kebaya Nasional yang ditetapkan Presiden Jokowi tahun ini (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi berupaya mengangkat kearifan lokal Minangkabau (Sumatera Barat) melalui kegiatan Fashion Show Kebaya yang bertepatan dalam rangka memperingati Hari Kebaya Nasional.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kebaya menjadi pakaian nasional wanita Indonesia. Selain itu, fashion show kebaya ini menjadi sarana untuk mengembangkan industri kerajinan khas Bukittinggi dan menjaga kelestarian budaya,” kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Kamis (25/7).

Ia menyampaikan melalui kegiatan ini, secara langsung dapat dilihat sejauh mana kreatifitas dari para desainer dan pelaku usaha ekonomi kreatif di bidang fashion Kota Bukittinggi.

"Khusus di kota ini, lomba fashion show kebaya ini tentu dikaitkan dengan kearifan lokal Minangkabau," kata Erman.

Ia mengungkap, Bukittinggi didorong untuk melahirkan karya dari perorangan, lalu dari desainer, komunitas, kelompok dan industri kreatif Bukittinggi.

"Hasil karya itu, kita dorong untuk melahirkan prestasi, hingga tingkat nasional, bahkan go internasional," kata Wako.

Tahun depan, lanjut Wako, Pemkot juga akan lakukan pelatihan industri kreatif Minangkabau. Tujuannya, semakin banyak pelaku atau produsen dari industri kreatif, untuk mampu melahirkan inovasi dan karya yang tidak lepas dari kearifan lokal Minangkabau.

“Dampaknya, tentu peningkatan ekonomi masyarakat Bukittinggi,” pungkasnya.

Sekretaris Dekranasda, Nauli Handayani mengatakan kegiatan ini dilaksanakan di pusat pertokoan Pasar Atas dan merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Bukittinggi dalam rangka memperingati hari kebaya nasional yang baru ditetapkan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada tahun ini.

“Dlakukan ini di area publik dan punlikasikan dengan baik, agar menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Kegiatan seperti ini, akan kita lakukan 12 kali dalam satu tahun, dengan berbagai kategori. Tujuannya, karya desainer kita diaprwsiasi, mendapat prestasi,” kata Nauli.