Bawaslu Kota Solok awasi pelepasan distribusi logistik PSU

id Bawaslu Kota Solok, awasi pelepasan, distribusi logistik PSU

Bawaslu Kota Solok awasi pelepasan distribusi logistik PSU

Tim Bawaslu Kota Solok, Sumatera Barat saat melakukan pengawasan pelepasan distribusi logistik PSU. ANTARA/HO-Diskominfo Solok.

Solok (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Solok, Sumatera Barat melakukan pengawasan melekat pelepasan distribusi logistik jelang Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang akan digelar pada Sabtu (13/7).

Ketua Bawaslu Kota Solok Rafiqul Amin di Solok, Jumat menginstruksikan kepada jajaran Bawaslu Kota Solok untuk aktif melakukan pengawasan melekat pada tahapan distribusi logistik PSU.

"Sesuai dengan tahapan yang sedang berjalan, kita pastikan bahwa proses pendistribusian logistik PSU DPD RI berjalan sesuai prosedur dan tidak ada kendala yang menghambat kelancaran tahapan pemungutan suara ulang besok,” ujar Rafiqul.

Hal itu disampaikan dalam agenda rapat penyelenggaraan penanganan pelanggaran terkait pemungutan suara ulang DPD RI yang dilaksanakan sebelum pelepasan distribusi logistik.

Pendistribusian logistik ini merupakan salah satu tahapan krusial yang harus diawasi dengan ketat guna memastikan bahwa semua persiapan terkait pelaksanaan PSU berjalan dengan baik.

Bawaslu Kota Solok telah menetapkan pengawasan ketat dalam proses ini guna mencegah potensi pelanggaran yang dapat mempengaruhi integritas hasil PSU di Kota Solok.

Distribusi logistik yang diterima oleh masing-masing tps antara lain meliputi kotak suara berisi logistik PSU Dapil Sumatera Barat Pemilu tahun 2024, kantong plastik berisi logistik PSU Dapil Sumatera Barat Pemilu tahun 2024, dan bilik suara pemungutan suara pemilu tahun 2024.

Hingga sampai ke tps nanti, pengawasan distribusi logistik akan dilanjutkan oleh pengawas tempat pemungutan suara (ptps) yang telah dilantik oleh Bawaslu Kota Solok di tingkat kecamatan pada tanggal 10 Juli lalu.

Rafiqul mengatakan dengan pengawasan yang ketat, diharapkan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi melalui PSU dapat berjalan lancar.

Bawaslu Kota Solok akan terus memantau setiap perkembangan dan memastikan PSU berlangsung dengan transparan dan akuntabel demi kepentingan demokrasi yang sehat.

Di samping itu, Ketua KPU Kota Solok Ariantoni mengatakan semua logistik untuk PSU DPD RI mulai didistribusikan ke 236 tps di dua kecamatan di Kota Solok.

"Hari ini kita akan melaksanakan pendistribusian awal mulai dari gudang KPU ke Kantor Camat Lubuk Sikarah dan Tanjung Harapan yang kemudian akan didistribusikan ke wilayah kelurahan masing-masing dan kemudian diteruskan ke 236 tps," ujar Ariantoni.