Pemprov Sumbar salurkan bantuan bagi ratusan nelayan Padang Pariaman

id bantuan,nelayan,BPJS Ketenagakerjaan,Mahyeldi,Sumbar

Pemprov Sumbar salurkan bantuan bagi ratusan nelayan Padang Pariaman

Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyerahkan bantuan bibit ikan pada kelompok masyarakat di Padang Pariaman. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyalurkan sejumlah bantuan bagi ratusan nelayan kecil di Kabupaten Padang Pariaman sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar pesisir pantai.

Gubernur Sumbar Mahyeldi di Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, Selasa, mengatakan bantuan itu di antaranya kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang difasilitasi Pemprov Sumbar, bibit ikan dan peralatan melaut.

"Kita membantu menfasilitasi 300 orang nelayan kecil untuk mendapatkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sekaligus dengan pembayaran premi. Nelayan yang menerima bantuan adalah yang telah memiliki Kartu Usaha Pelaku Perikanan (Kusuka)," katanya.

Ia mengatakan bantuan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi nelayan itu sebagai bentuk kehadiran pemerintah untuk membantu mengurangi risiko pekerjaan bagi nelayan.

"Nelayan memiliki risiko tinggi dalam pekerjaannya sehingga jaminan kesehatan dan ketenagakerjaannya sangat penting bagi mereka," katanya.

Selain itu Pemprov Sumbar juga menyalurkan bantuan bibit dan pakan ikan bagi nelayan. Bantuan yang disalurkan itu antara lain, 250 kg induk ikan gurami dengan pakan 600 kg, 20.000 ekor benih ikan gurami dengan pakan 1.840 kg, 10.000 benih ikan nila dengan pakan 1.800 kg, dan penambahan stok ikan gariang sebanyak 16.000 ekor.

Di samping itu, Pemprov Sumbar juga menyalurkan bantuan 10 unit gillnet dan 12 unit mesin longtail 13 PK.

"Sumbar, termasuk Padang Pariaman, punya potensi perikanan yang sangat besar. Tinggal bagaimana kita berkomitmen melakukan berbagai upaya dalam mengoptimalkan potensi itu, sehingga berdampak lebih nyata bagi perekonomian nelayan kita," kata Mahyeldi.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padang Pariaman Rudy Repenaldi mengucapkan terima kasih atas penyaluran bantuan dari Pemprov Sumbar untuk para nelayan di kabupaten tersebut.

Ia menekankan, bahwa bantuan tersebut sangat bernilai besar dalam upaya meningkatkan perekonomian warga.

"Semoga bantuan yang disalurkan ini menjadi berkah bagi kami. Terlebih, pada 11 aliran sungai di Padang Pariaman, semuanya punya ikan larangan yang dipanen setiap bulan Maulud, dan digunakan untuk pembangunan masjid dan kegiatan keagamaan lain. Secara tak langsung, bantuan ini juga mendukung misi kita menegaskan daerah ini sebagai kabupaten religius," ujarnya.