Bupati: Pemotongan hewan kurban di Pasaman Barat capai 2.073 ekor

id Hewan kurban di Pasaman Barat

Bupati: Pemotongan hewan kurban di Pasaman Barat capai 2.073 ekor

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi saat menyampaikan sambutan sebelum Shalat Idul Adha 1445 Hijriah. Dia mengatakan pemotongan hewan kurban mencapai 2. 073 ekor yang tersebar di 11 kecamatan, Senin (17/6/2024). (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat,- (ANTARA) - Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat, Hamsuardi mengatakan pemotongan hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah mencapai 2. 073 ekor yang tersebar di 11 kecamatan.

"Data sementara yang kita peroleh 2.073 itu terdiri dari sapi 1.900 ekor, kerbau 36 ekor dan kambing 137 ekor," katanya di Simpang Empat, Senin.

Menurutnya, pemotongan hewan kurban itu juga diawali oleh petugas kesehatan hewan sehingga tidak ada hewan kurban yang dalam keadaan sakit dipotong.

Ia juga mengimbau pada masyarakat agar meningkatkan waspada ketika ingin ke tempat wisata karena saat ini cuaca ekstrem.

"Kepada seluruh warga khusus kepada para perantau yang pulang. Kami menghimbau agar meningkatkan kewaspadaan. Cuaca yang masih tergolong sangat ekstrem ini wilayah Pasaman Barat banyak yang rawan banjir dan longsor," katanya.

"Untuk Shalat Idul Adha tadi pagi, kita pusatkan di Masjid Agung Baitul Ilmi Pasaman Barat. Pelaksanaannya berjalan dengan aman dan lancar," katanya.

Sementara itu Pelaksana tugas Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Pasaman Barat Afrizal mengatakan pelaksanaan pemotongan hewan kurban telah dimulai hari ini di sejumlah lokasi.

"Petugas yang ditunjuk juga mengawasi pelaksanaan kurban. Sejauh ini berjalan dengan aman dan hewan kurban dalam kondisi sehat setelah diperiksa kesehatannya," ujarnya.

Jumlah pasti berapa hewan kurban saat ini diperoleh. Namun, dengan ekonomi masyarakat yang mulai membaik karena harga kelapa sawit di atas Rp2.000 maka kemungkinan jumlah kurban akan meningkat.

Sebagai perbandingan, katanya, hewan kurban pada 2023 jumlah sapi 2.079 ekor, terdiri dari 39 ekor kerbau, 222 ekor kambing dan 2 ekor domba.

Hewan kurban itu berasal dari peternak lokal yang ada karena hewan ternak di Pasaman Barat cukup banyak.

Sentra ternak sapi di Pasaman Barat ada di Kecamatan Parit Koto Balingka, Talamau, Kinali dan Pasaman.*