Pemkot Sawahlunto bantu dana pengamanan Pilkada untuk TNI-Polri

id Pemkot Sawahlunto,Pilkada Sawahlunto 2024,berita sawahlunto,berita sumbar

Pemkot Sawahlunto bantu dana pengamanan Pilkada untuk TNI-Polri

Pj Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan bersama Kapolres Sawahlunto dan perwakilan Dandim 0310/Sawahlunto Sijunjung usai penyerahan dana hibah pengamanan Pilkada, Senin. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - Pemkot Sawahlunto, Sumatera Barat memberikan dana hibah untuk mendukung pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 kepada Polres Sawahlunto dan Kodim 0310/Sawahlunto Sijunjung melalui Korem 032/Wirabraja.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan, di Sawahlunto, Senin menyampaikan dana hibah tersebut yakni senilai Rp1.750.000.000,- kepada Polres Sawahlunto dan senilai Rp250.000.000,- kepada Kodim 0310/Sawahlunto Sijunjung.

"Ini adalah sinergi, komitmen dan dukungan Pemkot kepada aparat yang berwenang mengurus keamanan dan ketertiban dalam melaksanakan tugas dan fungsi secara maksimal terutama terkait mengawal tahapan-tahapan Pilkada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto," kata dia.

Ia menyebut Pemkot Sawahlunto selama ini telah menjalin sinergi dan koordinasi yang baik dan lancar bersama TNI-Polri.

"Sinergi kita bagus selama ini, buktinya pada Pemilu legislatif dan Pilpres kemaren berlangsung aman lancar damai dan harmonis. Jadi kesuksesan pengamanan Pemilu tersebut kita sepakat dipertahankan pada Pilkada nanti," kata dia.

Pj Wali Kota Fauzan Hasan juga menyebut terwujudnya Pemilu yang aman damai dan harmonis menuntut peran bersama semua pihak, tidak bisa hanya diserahkan pada aparat yang berwenang saja.

"Untuk mengawal dan memastikan langkah/prosedur pengamanannya memang kewajiban aparat. Namun kita semua juga harus berkontribusi mendukung situasi yang kondusif bagi penyelenggaraan Pilkada ini," katanya.

Karena itu dia meminta jajaran ASN pun ikut serta berperan menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban tahapan Pilkada Sawahlunto 2024.

"Sawahlunto punya riwayat yang bagus untuk keamanan Pilkada, tercatat tidak ada konflik besar yang terjadi dalam iven demokrasi lima tahunan ini. Maka sekarang mari kita bersama sepakat saling mendukung Pilkada yang sehat, aman, damai, lancar dan harmonis," katanya.

Ia juga meminta partai politik (parpol) dan tim sukses (timses) pengusung Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota supaya saling menjaga suasana politik yang kondusif dengan menunjukkan kedewasaan dalam menyikapi kompetisi dan perbedaan pendapat.

Sementara Kapolres Sawahlunto AKBP. Purwanto Hari Subekti, menyatakan terima kasih atas dukungan hibah dari Pemkot tersebut.

"Kami siap menjalankan fungsi pengamanan Pilkada Sawahlunto 2024 ini. Masuknya bantuan dana hibah dari Pemkot Sawahlunto ini mendukung operasional Polres untuk bergerak lebih maksimal," kata dia.