Kelompok tani di Solok terima 5,5 ribu ayam KUB dari Pemprov Sumbar

id Kelompok tani, di Solok, terima 5,5 ribu, ayam KUB, dari Pemprov Sumbar

Kelompok tani di Solok terima 5,5 ribu ayam KUB dari Pemprov Sumbar

Anggota Kelompok tani di Kota Solok saat menerima 5,5 ribu ayam KUB dari Pemprov Sumbar yang diserahkan secara simbolis oleh Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra. ANTARA/HO-Diskominfo Solok

Solok (ANTARA) - 11 Kelompok Tani di Kota Solok menerima 5,5 ribu ayam kampung unggul (KUB) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Pertanian Sumatera Barat untuk tahun 2024 ini.

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra di Solok, Minggu mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Dinas Pertanian Provinsi Sumbar yang telah memberikan bantuan kepada 11 kelompok tani yang berada di Kota Solok.

“Alhamdulillah kita telah dibantu sebanyak 5,5 ribu ekor ayam KUB dari Dinas Pertanian untuk 11 kelompok tani, masing-masing akan mendapatkan bantuan 500 ekor ayam per kelompok," kata Dhani.

Ramadhani mengharapkan kepada kelompok penerima bantuan agar dirawat dan dikembangbiakkan dengan baik dan hasilnya dapat dikonsumsi ataupun dijual guna meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Kepada Bapak dan Ibu penerima bantuan ini, agar dapat menjaga dan merawat dengan baik ayam tersebut," ucap dia.

Dengan demikian, ayam yang diberikan berkembang dan telur yang dihasilkan dapat dikonsumsi bagi anak sebagai bahan makanan untuk mencegah stunting.

"Apabila sudah meningkat dan berkembang, telur tersebut dapat dijual dan meningkatkan pendapatan masyarakat," ucapnya.

Selain itu Wawako mengatakan agar kegiatan tersebut dapat bernilai positif dan dapat menambah serta memiliki nilai lebih untuk peningkatan pendapatan per kapita masyarakat.

Dinas Pertanian Kota Solok juga akan terus memantau usaha yang dibangun oleh kelompok tani ternak unggas yang ada melalui pendamping dan penyuluh yang bertugas.

Secara simbolis bantuan ini diberikan kepada Kelompok Tani Suka Maju Kelurahan Kampung Jawa.

Selain Ayam umur 8-10 minggu sebanyak 500 ekor untuk masing-masing kelompok, bantuan lain yang diberikan berupa pakan ayam dara sebanyak 550 kilogram (11 zak) per kelompok serta pakan ayam petelur 3.500 kilogram (70 zak) per kelompok serta obat-obatan.