Tingkat hunian penginapan di Pariaman selama lebaran naik 29 persen

id Tingkat hunian penginapan di Pariaman,berita pariaman,berita sumbar

Tingkat hunian penginapan di Pariaman selama lebaran naik 29 persen

Wisatawan berada di Stasiun Kereta Api Pariaman, Sumbar sedang mengantre masuk ke kawasan objek wisata Pantai Gandoriah pada Libur Lebaran 2024. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pemkot Pariaman, Sumatera Barat mencatat tingkat hunian penginapan di daerah itu selama Libur Lebaran 2024 naik menjadi sekitar 79 persen atau mengalami peningkatan 29 persen dibandingkan hari bisa yang rata-rata hanya 50 persen.

"Alhamdulillah meningkat, bahkan ada penginapan yang penuh," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Ferialdi di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan data peningkatan hunian tersebut merupakan nilai rata-rata dari empat puluhan hotel dan penginapan di Pariaman yang dihimpun oleh pihak organisasi perangkat daerah tersebut.

Menurutnya dengan meningkatnya tingkat hunian tersebut maka membuktikan libur lebaran berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat khususnya pelaku usaha di bidang pariwisata.

Wisatawan tersebut bermalam di Pariaman untuk mengisi waktu liburan dengan mengunjungi sejumlah objek wisata serta menikmati kuliner dan suasana di daerah yang berjuluk Kota Tabuiak tersebut.

Apalagi selama Libur Lebaran 2024 Pemkot Pariaman melaksanakan kegiatan wisata Piaman Barayo yang berlangsung dari 11 sampai 21 April yang diisi berbagai hiburan guna menyambut wisatawan.

Pihaknya berharap kunjungan wisatawan di Pariaman semakin meningkat sehingga berdampak pada warga dan pelaku usaha yang bergerak di bidang pariwisata.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mempersiapkan kegiatan wisata Piaman Barayo yang dilaksanakan mulai dari 11 sampai 21 April guna menyambut wisatawan pada Libur Lebaran 2024.

"Kami telah melaksanakan rapat dengan berbagai pihak di Pariaman untuk persiapan Pariaman Barayo. Bisa dikatakan persiapan sudah 80 persen," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman Ferialdi di Pariaman.

Ia mengatakan dalam rapat persiapan pelaksanaan Pariaman Barayo tersebut telah dibagi tugas untuk masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) di Pariaman dan bahkan TNI dan Polri ikut serta di dalamnya.

Dengan adanya persiapan tersebut, lanjutnya maka pelaksanaan kegiatan tahunan itu tidak saja dikerjakan oleh Disparbud Pariaman namun juga OPD lainnya sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing.