Tanah Datar daerah ketiga di Sumatera Barat yang meluncurkan kalender event

id kalender event tanah datar

Tanah Datar daerah ketiga di Sumatera Barat yang meluncurkan kalender event

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Provinsi Sumatera Barat Luhur Budianda (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Kabupaten Tanah Datar merupakan daerah yang ketiga di Sumatera Barat yang telah meluncurkan kalender event pariwisata 2024.

"Dari 19 Kabupaten Kota di Sumatera Sumatera Barat, setahu kami baru tiga daerah yang melaunching kalender event pariwisata, salah satunya Kabupaten Tanah Datar," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Luhur Budianda di Padang, Sabtu.

Kabupaten Tanah Datar tergabung bersama Kota Padang dan Kota Bukittinggi yang telah lebih dulu menetapkan kalender event di 2024.

Luhur mengatakan, kalender event penting dilakukan sebagai kepastian sekaligus menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Sumatera Barat, terutama dalam memberikan kepastian kepada wisatawan kapan mereka bisa datang, kemana mereka pergi, dan menikmati hiburan apa saat telah berada di Sumatera Barat.

Sebab kata dia, saat ini tujuan orang untuk berwisata telah mengalami perubahan. Menurut kajian terakhir dari kementerian, kuliner dan seni budaya menjadi daya tarik utama wisatawan ketimbang alamnya.

"Kalau sebelumnya orang datang ke Sumatera Barat ingin melihat alamnya, ternyata kajian terakhir dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang terakhir karena ingin mencoba kulinernya, melihat pertunjukan atau event, seni budaya, dan keempat baru ingin melihat alam yang indah" jelas Luhur.

Dia mengajak, pemerintah kabupaten dan kota se Sumatera Barat untuk memaksimalkan potensi tersebut di masing-masing daerah sehingga pergerakan ekonomi masyarakat terus tumbuh.

"Alhamdulillah Sumatera Barat terkenal dengan kuliner dan budayanya, dan alamnya, nah ini tentu menjadi potensi besar kita semua untuk menggarap bersama-sama sehingga betul-betul mempunyai manfaat bagi masyarakat," kata dia.

Dia juga mengatakan, peluncuran kalender event yang dilakukan Kabupaten Kota penting dilakukan karena tren wisata ke Sumatera Barat semakin bagus.

Data dari Dinas Pariwisata Sumatera Barat tahun 2023 menunjukkan bahwa dari target 8,2 juta kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat tercapai 11,2 juta orang.

"Alhamdulillah dan itu semuanya mengalir dan terdistribusi ke seluruh kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Barat sehingga pergerakan ekonomi dari sektor pariwisata itu mengalir di daerah," kata dia.

"Karena itu perlu kita bersama-sama mengembangkan pariwisata yang baik dan yang berkualitas, pada tahun 2024 ini kita menargetkan sebanyak 13,5 juta kunjungan wisatawan datang ke Sumatera Barat," sambung dia.