Wali Kota Solok sebut RSUD Banda Panduang segera beroperasi

id Wako Solok, sebut, RSUD Banda Panduang, akan segera beroperasi

Wali Kota Solok sebut RSUD Banda Panduang segera beroperasi

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar. ANTARA/HO-Prokomp Solok

Solok (ANTARA) - Wali Kota Solok Zul Elfian Umar mengatakan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Banda Panduang, Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Sumatera Barat segera rampung dan beroperasi tahun ini.

"Alhamdulillah mimpi kita untuk memiliki rumah sakit sebentar lagi akan terwujud dan RSUD Kota Solok segera beroperasi," kata Zul di Solok, Kamis.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa satu-satunya daerah di Sumatera Barat yang tidak memiliki rumah sakit hanya di Kota Solok. Untuk itu, ia bersyukur pembangunan RSUD tersebut segera diselesaikan.

"Kita juga telah memiliki stadion Marah Adin yang akan diresmikan sebentar lagi," ujar dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan segala keterbatasan Pemkot Solok telah berusaha mengejar ketertinggalan dari daerah lain.

Pemkot Solok juga harus selalu hadir untuk masyarakat, jangan sampai masyarakat terkena masalah dan harus segera diantisipasi.

"Tetap semangat berikan yang terbaik bagi Kota Solok, Kota Beras Serambi Madinah. Bersama kita wujudkan Kota Solok yang 'Small But Beautiful and Clean'," ucapnya.

Sebelumnya, ia mengatakan bahwa pembangunan RSUD Kota Solok sendiri diperkirakan rampung sepenuhnya pada tahun ini.

Ia mengatakan nantinya RSUD Kota Solok ini akan melayani rawat inap, rawat jalan, klinik mata, klinik penyakit dalam, klinik bedah, klinik THT, dan sebagainya.

Dengan demikian juga dibentuk Badan Layanan Umum Daerah yang dipimpin oleh Bagian Perekonomian Pemkot Solok, agar rumah sakit kelas C yang sedang bersama-sama dibangun ini akan dapat lebih mengembangkan pelayanannya.

Ia juga menyebut dalam perencanaannya, keberadaan rumah sakit ini nantinya tidak saja dijadikan sebagai penyeimbang lonjakan pasien rawat inap maupun rawat jalan yang ada di RSUD M. Natsir yang masih milik pemerintah provinsi serta RST Solok, namun juga dijadikan sebagai rumah sakit rujukan di kawasan daerah tersebut dan tidak tertutup kemungkinan akan menerima rujukan dari daerah lain.