Ganjar janjikan kesetaraan untuk disabilitas Indonesia

id Komunitas Disabilitas Tunarungu Indonesia,Ganjar Pranowo,Ganjar-Mahfud,Pemilu,Pilpres

Ganjar janjikan kesetaraan untuk disabilitas Indonesia

Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid (tengah), bersama simpatisan pendukung Capres dan Cawapres Ganjar-Mahfud dari KDTI di Pos Bloc, Jakarta, Minggu (4/2/2024). Rasjid dalam acara âœTemu Kangen Disabilitas mengatakan pihaknya memiliki program khusus untuk penyandang disabilitas seperti peningkatan lapangan pekerjaan hingga peningkatan layanan sekolah untuk penyandang disabilitas. ANTARA FOTO/Erlangga B Prakoso

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjanjikan kesetaraan untuk para penyandang disabilitas di Indonesia. "Kami sudah menampung banyak masukan dari teman-teman disabilitas," katanya lewat sambungan video pada kegiatan temu kangen disabilitas bersama Ganjar Pranowo di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Minggu.

Kegiatan itu dihadiri ribuan kelompok disabilitas dari Komunitas Disabilitas Tunarungu Indonesia (KDTI). Mereka memberikan dukungan kepada Ganjar jelang debat debat terakhir Pilpres 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum di Balai Sidang Senayan, Jakarta, Minggu malam.

Ia pun menjanjikan tiga hal kepada mereka, pertama kesetaraan untuk penyandang disabilitas. Kedua, aksebilitas agar para penyandang disabilitas, punya hak yang sama untuk mengakses pekerjaan hingga pendidikan yang layak. Ketiga, intensif untuk para penyandang disabilitas agar bisa semakin mandiri dan berdaya.

"Mudah-mudahan, rumusan-rumusan berikutnya kita akan duduk bersama, kita akan diskusi bersama, agar kita bisa merumuskan yang terbaik untuk kawan-kawan penyandang disabilitas," kata dia.

Hal senada, disampaikan Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, yang menyatakan dukung dari kelompok tunarungu akan memberi energi lebih untuk pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Menurut dia, Ganjar sangat peduli dengan kelompok disabilitas. Dia mencontohkan ketika Ganjar memimpin Jawa Tengah, perusahaan yang mengerjakan penyandang disabilitas diberikan intensif. "Karena Mas Ganjar memang sangat-sangat di dalam hatinya mengenai inklusi itu," katanya usai acara.

Sementara itu, pengurus KDTI Jakarta Timur, Mustar Bona Ventura, menyatakan, mereka satu suara ingin mendukung Ganjar-Mahfud. Dengan begitu, mereka juga menitipkan sejumlah keinginan apabila Ganjar-Mahfud memenangi Pilpres 2024.

"Kami ingin mengingatkan pada pasangan Pak Ganjar - Pak Mahfud ketika nanti menjadi presiden, bahwa negara harus hadir untuk kaum disabilitas, untuk teman-teman penyandang disabilitas," kata wakil ketua TPN Ganjar-Mahfud itu.

KPU telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama Pilpres 2024 pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, debat ketiga 7 Januari 2024, dan debat keempat pada 21 Januari 2024, KPU menggelar debat kelima di Balai Sidang Jakarta.

Debat pemungkas Pilpres 2024 sekaligus menjadi debat ketiga yang mempertemukan para capres dan KPU menyelenggarakannya dengan tema meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ganjar janjikan kesetaraan untuk disabilitas Indonesia