Pemkot Pariaman kembali raih penghargaan Kota Terinovatif dari Kemendagri

id Pemkot Pariaman,berita pariaman,berita sumbar

Pemkot Pariaman kembali raih penghargaan Kota Terinovatif dari Kemendagri

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian (kiri) menyerahkan penghargaan IGA kepada Pemkot Pariaman yang diterima langsung oleh Pj Wali Kota Pariaman, Roberia (kanan) di pada Selasa (12/12). Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat kembali meraih penghargaan sebagai Kota Terinovatif pada Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dan diterima oleh Pj Wali Kota Pariaman, Roberia di DKI Jakarta pada Selasa (12/12). Dengan adanya penghargaan tersebut maka Pariaman telah mendapatkan penghargaan IGA sebanyak tiga kali yakni 2020, 2021, dan 2023.

“Dari 105 inovasi yang ada Kota Pariaman di tahun 2023, terdapat dua inovasi unggulan yang dinilai, yaitu inovasi Kerja Genius yakni pembukaan bersama jalan baru dengan Genius dan inovasi Bisik Manja yakni bincang-bincang seputar informasi kesehatan melalui pelayanan jarak jauh bersama podcast ciloteh sehati Puskesmas Kurai Taji," kata Roberia di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan karena inovasi yang ada di kota tersebut maka menjadikan daerah itu 10 besar Kota Terinovatif dalam ajang Penganugerahan Innovative Government Award tahun 2023 bersama dengan Kota Mojokerto, Mataram, Bekasi, Semarang, Makasar, Cimahi, Palembang, Sawahlunto, dan Kota Bandar Lampung.

Menurutnya penghargaan tersebut merupakan sebuah apresiasi terhadap kerja keras seluruh organisasi perangkat daerah dan jajaran Pemkot Pariaman dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan yang efektif dan efisien serta pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Semoga dengan diterimanya penghargaan IGA ini, menunjukan Kota Pariaman sebagai salah satu kota yang terinovatif yang layak bersanding dengan kota-kota lainnya di Indonesia, dan kami berkomitmen untuk terus berbuat dengan inovasi-inovasi lainnya,” ujarnya.

Penghargaan IGA 2023 diserahkan kepada 95 pemerintah daerah yang terbagi dalam 11 kategori. Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian Indeks Inovasi Daerah yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri. Terdapat empat tahapan yang harus dilalui dalam penilaian tersebut, yakni tahapan penjaringan, tahapan pengukuran, tahapan penilaian, dan terakhir validasi lapangan.