Pemkot Pariaman fasilitasi warga nobar Semi Final Piala Asia U23

id Pemkot Pariaman,Berita pariaman

Pemkot Pariaman fasilitasi warga nobar Semi Final Piala Asia U23

Poster pelaksanaan kegiatan nonton bareng pertandingan semifinal Piala Asia U-23 antara timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan yang disebar oleh Pemkot Pariaman, Sumbar melalui media sosial. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat memfasilitasi warganya menonton bareng (nobar) pertandingan semifinal Piala Asia U-23 antara timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan dengan menayangkannya pada videotron di Pasar Rakyat Pariaman.

"Ini merupakan aspirasi dari warga kepada Penjabat Wali Kota Pariaman. Kegiatan ini spontan," kata Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pariaman Riki Falantino di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan nonton bersama tersebut merupakan bentuk partisipasi warga Pariaman dalam mendukung Tim Nasional (Timnas) Indonesia di Piala Asia U23 dengan menyatukan pencinta bola asal daerah itu dalam satu lokasi.

Ia menyampaikan fasilitasi nobar ini dapat menyatukan pecinta bola di Pariaman dalam memberikan dukungan terhadap Timnas karena banyak warga yang menonton pertandingan secara mandiri melalui telepon pintar masing-masing dan tidak semuanya mampu membayar biaya langganan.

Kegiatan tersebut, lanjutnya juga merupakan partisipasi masyarakat sehingga pemuda setempat berupaya mencarikan kursi dan perlengkapan lainnya untuk penonton.

"Sebenarnya dalam memberikan dukungan kepada Timnas warga Pariaman mungkin mau datang ke lokasi pertandingan namun karena tidak bisa seperti inilah dukungannya," katanya.

Ia mengatakan pada awalnya kegiatan tersebut sempat terhalang karena pihaknya menganggap tidak bisa menanyangkan semi final itu karena hak siarnya dimiliki oleh MNC.

"Namun ternyata boleh, MNC hanya melarang untuk komersil," ujarnya.

Lokasi tersebut, lanjutnya sebelumnya juga pernah digunakan oleh komunitas bola dan warga di Pariaman untuk menonton pertandingan sepak bola yang pada saat itu yang berlaga klub bola asal daerah itu yaitu Persikopa.

Ia berharap dengan nobar yang dilaksanakan pada Senin (29/4) pada pukul 21.00 WIB tersebut dapat memberikan semangat kepada timnas Indonesia untuk memenangkan pertandingan.

"Dan kalau kegiatan nonton bersama ini berhasil dilaksanakan maka kami akan laksanakan lagi kedepannya namun dikemas dengan baik," ujarnya.

Videotron tersebut merupakan hibah dari Bank Nagari yang saat ini dioperasikan oleh Diskominfo Pariaman. Dengan adanya videotron tersebut maka menambah megah bangunan Pasar Rakyat Pariaman yang dana pembangunannya berasal dari pemerintah pusat tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendukung acara nonton bareng (nobar) pertandingan semifinal Piala Asia U-23 antara timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan, yang diinisiasi sejumlah pemerintah daerah sepanjang acara tersebut tidak dikomersialkan.

"Kami memperbolehkan nobar sepanjang tidak dikomersialkan, komersial di sini tidak memungut bayaran atau memasang sponsor ataupun iklan. Jika ingin nobar tentu sangat kami dorong," ujar Sekretaris Kemenpora Gunawan Suswantoro seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora di Jakarta.

Ia menyampaikan hal itu menanggapi informasi yang beredar di masyarakat terkait adanya pelarangan acara nobar pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 yang mempertemukan Indonesia melawan Uzbekistan.