Nobar Piala Asia di Pariaman potensi dongkrak ekonomi PKL

id Nobar Piala Asia di Pariaman

Nobar Piala Asia di Pariaman potensi dongkrak ekonomi PKL

Pejalan kaki melintas di depan bangunan Pasar Rakyat Pariaman, Sumbar. Antara/Aadiaat M. S. 

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menyebut pelaksanaan nonton bareng (nobar) semifinal Piala Asia U-23 yang difasilitasi pihaknya di Pasar Rakyat Pariaman berpotensi dapat mendongkrak perekonomian pedagang kaki lima (PKL) yang berdagang di kawasan tersebut.

"Hal ini tentu berdampak pada peningkatan pendapatan pedagang di sekitar Pasar Rakyat Pariaman," kata Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman Riky Falantino di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan hal tersebut karena kegiatan nobar yang dilaksanakan malam nanti sekitar pukul 21.00 WIB tersebut akan ramai dikunjungi oleh pecinta bola yang mendukung Timnas U-23 Indonesia.

Sehingga, lanjutnya kegiatan tersebut tidak saja diharapkan dapat menyatukan pecinta bola untuk menambah semangat Timnas Indonesia melawan Uzbekistan namun juga berdampak pada peningkatan ekonomi pedagang.

Diketahui di kawasan Pasar Rakyat Pariaman pada malam hari biasanya banyak PKL berjualan makanan, minuman, kudapan, serta buah-buahan yang kemungkinan jumlahnya makin bertambah jika mendapatkan informasi terkait adanya nobar Piala Asia U-23.

Ia menyampaikan dalam menyukseskan kegiatan tersebut pihaknya bekerja sama dengan pemuda setempat untuk menyediakan kursi, tenda, dan pengeras suara.

Ia menjelaskan pada awalnya pihaknya menganggap pelaksanaan nobar Piala Asia U-23 tidak dapat dilaksanakan karena hak siarnya dimiliki oleh MNC namun ternyata perusahaan melarang jika ditujukan untuk komersial.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat memfasilitasi warganya menonton bareng (nobar) pertandingan semifinal Piala Asia U-23 antara timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan dengan menayangkannya pada videotron di Pasar Rakyat Pariaman.

"Ini merupakan aspirasi dari warga kepada Penjabat Wali Kota Pariaman. Kegiatan ini spontan," kata Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pariaman Riki Falantino di Pariaman.

Ia mengatakan nonton bersama tersebut merupakan bentuk partisipasi warga Pariaman dalam mendukung Tim Nasional (Timnas) Indonesia di Piala Asia U23 dengan menyatukan pencinta bola asal daerah itu dalam satu lokasi.

Ia menyampaikan fasilitasi nobar ini dapat menyatukan pecinta bola di Pariaman dalam memberikan dukungan terhadap Timnas karena banyak warga yang menonton pertandingan secara mandiri melalui telepon pintar masing-masing dan tidak semuanya mampu membayar biaya langganan.