Kafilah Pariaman tampilkan Hoyak Tabuik saat pawai MTQ Sumbar

id Kafilah Kota Pariaman,MTQ ke 40 sumbar,Berita sumbar

Kafilah Pariaman tampilkan Hoyak Tabuik saat pawai MTQ Sumbar

Kafilah Pariaman, Sumbar melakukan atraksi budaya hoyak tabuik saat pawai taaruf menjelang pembukaan MTQ ke 40 tingkat provinsi setempat di Solok Selatan. Antara/HO-Diskominfo Pariaman 

Pariaman (ANTARA) - Kafilah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menampilkan atraksi budaya Hoyak Tabuik saat pawai taaruf menjelang pembukaan MTQ ke 40 tingkat provinsi setempat yang dilaksanakan di Kabupaten Solok Selatan pada 11 sampai 18 Desember 2023.

"Hoyak Tabuik untuk upaya promosi wisata dan budaya Kota Pariaman dalam memeriahkan pelaksanaan MTQ ke XL di Solok Selatan ini," kata Kepala Bagian Kesra Setdako Pariaman, Delri Soni saat pembukaan MTQ di Solok Selatan, Selasa.

Ia mengatakan atraksi Hoyak Tabuik tersebut berupa membawa Tabuik kecil dengan diayunkan dan diiringi musik tradisional Minangkabau Gandang Tambua Tasa serta "Anak Daro dan Marapulai.

Penampilan tersebut tidak saja memukau masyarakat yang hadir namun juga pejabat yang menyaksikannya.

Soni berharap penampilan tersebut tidak saja dapat mempromosikan wisata daerah namun juga meningkatkan kepercayaan diri para kafilah asal daerah yang berjuluk kota tabuik itu.

Is juga berharap 60 qori dan qoriah asal daerah itu dapat menampilkan yang terbaik sehingga dapat mengharumkan nama daerah.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat Roberia mengingatkan kafilah daerahnya yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi setempat di Kabupaten Solok Selatan untuk meluruskan niat dan tidak sekadar mengejar kemenangan.

"Niatkan di dalam hati untuk beribadah, tampilkan yang terbaik, dan tidak menjadikan kemenangan diatas segalanya, karena yang lebih utama di dalam musabaqah adalah untuk meningkatkan keimanan dan kedekatan kita dengan kitab suci Al Qur'an," kata dia di Pariaman.

Menurutnya jika peserta meniatkan diri dalam mengikuti MTQ tersebut untuk beribadah maka dengan izin-Nya juara dapat diraih.