Keterbatasan kapal hambat ekspor ikan kerapu Sumbar ke Hong Kong

id Ekspor kerapu, ikan kerapu, ekspor ikan kerapu Sumbar, berita sumatera barat,Padang

Keterbatasan kapal hambat ekspor ikan kerapu Sumbar ke Hong Kong

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar Dr Reti Wafda saat diwawancarai di Padang, Rabu, (15/11/2023). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mengatakan keterbatasan armada kapal menjadi penghambat utama ekspor ikan kerapu asal daerah itu ke negara tujuan yakni Hong Kong.

"Ada permasalahan serius dalam ekspor kerapu Sumbar terutama mengenai armada yang mengangkutnya," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar Reti Wafda di Padang, Rabu.

Reti mengatakan ikan kerapu asal Sumbar yang diekspor ke Hong Kong tersebut merupakan ikan segar atau dalam kondisi hidup sehingga membutuhkan kapal khusus untuk mengangkutnya.

Pada tahun 2022 Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar mencatat total ekspor kerapu asal Ranah Minang mencapai 10,88 ton. Sementara, hingga semester I tahun 2023 ekspor kerapu sudah mencapai 9,17 ton.

Kendati menjanjikan, budi daya ikan dengan nama latin epinephelus malabaricus itu belum bisa digarap dengan maksimal akibat minimnya jadwal kapal pengangkut yang datang ke Sumbar.

"Kapal khusus ini tidak serta-merta datang. Bahkan, ekspor yang terakhir ini para pembudidaya sampai menunggu hingga setahun lebih," kata dia.

Menurutnya, apabila tidak ada langkah konkret maka ekspor kerapu daerah tersebut akan semakin menurun. Apalagi, jika dibandingkan dengan negara-negara lain kualitas kerapu asal Sumbar masih kalah.

Selain ikan kerapu, ekspor ikan tuna juga menjadi potensi yang besar untuk terus digarap. Apalagi, hingga saat ini sudah ada tiga perusahaan pengolahan yang menampung tuna asal daerah itu.

"Potensi ikan tuna asal Sumbar ini cukup bagus. Artinya, dalam skala ekspor jika digarap dengan maksimal maka bisa menjadi penopang ekonomi masyarakat untuk jangka panjang," ucap dia.