Pemkab Agam bekali pelaku UMKM tingkatkan keterampilan digital

id Pemkab Agam,Berita agam,Berita sumbar

Pemkab Agam bekali pelaku UMKM tingkatkan keterampilan digital

Kepala Dinas Koperasi UKM Agam Dedi Asmar bersama dengan pelaku UMKM. Dok Diskominfo Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatra Barat membekali 32 orang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam meningkatkan keterampilan mereka pada bidang digitalisasi untuk memasarkan produknya.

Kepala Dinas Koperasi UKM Agam Dedi Asmar di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan ke 32 pelaku UMKM berasal dari ketua atau pengurus forum dari 16 kecamatan yang ada di Agam.

"Peningkatan keterampilan itu berupa bimbingan teknis yang kita adakan di Gedung Sekretariat Forum UMKM, Pasar Agro Koto Hillang Kecamatan Ampek Angkek," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Kominfo Vidya dan Koordinator Rumah BUMN, Vicatrina Syahramatannisa dan CV Sobat Creative Fhadell Trio Putra.

Kegiatan ini untuk mendorong peningkatan keterampilan digital mulai dari dasar hingga menengah bagi calon pelaku usaha UMKM dan pelaku usaha UMKM.

Setelah itu dalam rangka peningkatan kapasitas SDM UMKM Agam, karena ini sangat penting untuk peningkatan kapasitas SDM dan sinegritas forum UMKM kecamatan se-Agam,

"Kegiatan ini menargetkan peserta dari masyarakat umum yang ingin memulai usaha, maupun pelaku UMKM," katanya.

Ia menambahkan, UMKM dituntut menghadapi serta memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang maju dengan suatu terobosan baru dalam menghadapi perubahan dan persaingan.

Sementara Koordinator Rumah BUMN, Vicatrina Syahramatannisa menambahkan Rumah BUMN siap memberikan pendampingan terhadap pelaku usaha mikro.

"Pendampingan yang kita lakukan agar produk UMKM bisa bersaing dengan produk lainnya," katanya.