Departemen Patologi Anatomi FK UNAND "Goes to School"

id Unand, Departemen Patologi, FK Unand

Departemen Patologi Anatomi FK UNAND "Goes to School"

Tim Patologi Unand foto bersama usai sosialisasi kanker dan penyakit seksual menular. (ANTARA/HO-Tim Dept.PA)

Padang (ANTARA) - Departemen Patologi Anatomi (PA) FK UNAND mengadakan edukasi penyakit menular seksual dan kanker yang berhubungan dengan penyakit menular seksual di SMPN 1 dan SMPN 23 Kota Padang pada 2-3 November 2023.

Acara ini merupakan bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi Departemen PA dengan menjadikan sekolah-sekolah sebagai mitra pemberdayaan masyarakat umum dalam kemandirian kesehatan.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Ketua Departemen PA FK UNAND Dr.dr. Henny Mulyani, M.Biomed, Sp.PA ini dilakukan dengan melibatkan seluruh staf Departemen PA, dokter peserta program studi PA program spesialis serta beberapa orang mahasiswa strata I Pendidikan Dokter FK Unand.

Acara berupa penyuluhan pengenalan PMS dan kanker serta pameran jaringan kanker yang diawetkan dalam formalin.

Menarik antusiasme audiens yang terlihat dalam pertanyaan yang disampaikan melalui sesi tanya jawab maupun saat siswa melihat langsung jaringan kanker yang dibawa.

Kepala sekolah dan para guru sangat mendukung acara ini dan diharapkan dapat menyadarkan siswa akan pentingnya mewaspadai aktivitas seksual dan kewaspadaan kanker yg berhubungan dengan aktivitas seksual.

Keterlibatan peserta didik FK UNAND diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PkM).

Ketua departemen PA berharap kegiatan ini dapat dilakukan di sekolah-sekolah lainnya agar jangkauan kesadaran masyarakat usia dini lebih luas lagi.
Sosialisasi kanker dan penyakit seksual menular oleh tim Departemen PA FK Unand. (ANTARA/HO-Tim Dept.PA)
Ingin sekolahmu dikunjungi departemen PA FK UNAND? Follow instagram dan sampaikan minatmu di Ig @ppdspa_fkunand.*