Departemen Psikologi FK UNAND dan Fakultas Psikologi UIN Ar Raniryberkolaborasi

id UNAND, Fak Kedokteran, Prodi Psikologi

Departemen Psikologi FK UNAND dan Fakultas Psikologi UIN Ar Raniryberkolaborasi

Foto bersama tim pengabdian Departemen FK UNAND dengan Program Studi Psikologi Universitas Islam Ar Raniry Aceh. (ANTARA/HO-FK)

Padang (ANTARA) - Dalam upaya meningkatkan keterlibatan dalam pemberdayaan masyarakat, Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas dan Program Studi Psikologi Universitas Islam Ar Raniry Aceh telah menyelenggarakan serangkaian program pengabdian bersama.

Inisiatif ini merupakan hasil kolaborasi antara dua lembaga yang telah dimulai sejak Agustus 2023.

Dalam rangkaian kegiatan ini, perwakilan pengelola, dosen, dan mahasiswa dari Fakultas UIN Araniry berkunjung ke Departemen Psikologi FK Unand.

Selain melakukan kegiatan benchmarking untuk pendidikan sarjana psikologi, mereka juga melaksanakan serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat bersama dua lembaga.

Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dimulai pada 26 Februari 2024 dengan kegiatan Psikoedukasi Kesiapsiagaan Psikologis dalam Menghadapi Bencana, yang ditujukan kepada siswa SMK SMTI Kota Padang.

Acara tersebut melibatkan dua pemateri utama, yaitu Septi Mayang Sari, M.Psi., Psikolog dari Unand, dan Cut Rizka Aliana, S.Psi., M.Si. dari UIN Ar Raniry.

Pada hari yang sama, kegiatan kuliah umum di Gedung J Fakultas Kedokteran Universitas Andalas membahas pengaruh lingkungan psikososial terhadap kesehatan mental.

Pemateri dalam acara ini adalah Vera Nova, M.Psi., Psikolog dari UIN Ar Raniry, yang membahas pengaruh lingkungan psikososial mikro, dan Sartana, M.A. dari Universitas Andalas, yang membahas faktor lingkungan sosial makro sebagai determinan kesehatan mental.

Pada 27 Februari 2024, kegiatan pengabdian bersama dilanjutkan di kantor Lembaga Pengkajian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Kota Padang.

Dalam sesi ini, ibu-ibu dampingan LP2M mengikuti pelatihan yang dipandu oleh Ibu Dwi Puspasari, M.Psi., Psikolog, dari Departemen Psikologi Unand, yang menyampaikan materi tentang teknik relaksasi untuk meredakan stres.

Vera Nova, M.Psi. juga memberikan materi mengenai pentingnya perhatian terhadap kesehatan mental, serta teknik pelukan kupu-kupu dan afirmasi diri untuk meredakan stres.

Menanggapi kegiatan pengabdian ini, Wakil Dekan 1 FK Unand, Dr. dr. Elfrida, M.Kes., SP.PK (K), menyatakan bahwa program ini adalah langkah positif bagi para dosen untuk mengaplikasikan temuan riset kepada masyarakat, meningkatkan manfaat ilmu pengetahuan, dan memastikan perkembangannya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Dr. Nasrudin, M.Hum., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar Raniry, juga merasa sangat senang dengan kegiatan kolaborasi pengabdian ini.

Bahwa kolaborasi ini tidak hanya mempererat hubungan antarlembaga, tetapi juga memberikan manfaat konkret kepada masyarakat. Ia berharap kegiatan ini dapat berlanjut di masa yang akan datang.

Rangkaian kegiatan kerjasama ini menjadi indikator bahwa lembaga pendidikan tinggi dapat turut menjadi agen perubahan positif melalui berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Harapannya, upaya seperti ini dapat terus berkembang untuk memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat luas.