Kakanim Agam berganti, Kemenkumham minta fokus investor asing bermanfaat

id Kakanim Agam,Kemenkumham Sumbar

Kakanim Agam berganti, Kemenkumham minta fokus investor asing bermanfaat

Kakanim Agam sebelumnya, Adityo Agung Nugroho saat dilepas oleh Kakanwil Kemenkumham Sumbar, Haris Sukamto di Bukittinggi (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Barat meminta Kantor Imigrasi Agam berfokus kepada mendatangkan investor dari warga negara asing yang mendatangkan manfaat bagi negara.

"Saya sudah berjanji agar tidak ada investor abal-abal yang masuk ke Sumatera Barat, tugas kita adalah memastikan warga asing pemberi manfaat, kalau tidak, silahkan diselesaikan dan kembalikan ke negara asalnya," kata Kakanwil Sumbar, Haris Sukamto, Senin.

Hal itu disampaikan Kakanwil Sumbar, Haris Sukamto saat serah terima jabatan Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Agam dari sebelumnya Adityo Agung Nugroho kepada Budiman Hadiwasto.

Ia meminta berbagai masalah warga negara asing dapat diselesaikan dan menjadi bentuk perhatian bagi Kakanim baru serta diminta untuk mampu mempertahankan prestasi dan sinergitas serta raihan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) 2023 ini.

"Selaku kepala kantor saya mengucapkan terimakasih kepada Kakanim sebelumnya yang menjabat selama sembilan bulan dan menjadi legacy atau warisan peninggalan dengan raihan prestasi sejak menjabat," kata Haris Sukamto.

Ia mengapresiasi Kanim Agam yang mampu menjalin kerjasama dengan seluruh pihak di delapan wilayah kerja se-Sumatera Barat dan berharap mampu dikembangkan oleh Kakanim terbaru.

"Track Record Kanim Agam selama ini sangat baik, ini menjadi tugas berat bagi Kakanim baru, dengan jangkauan wilayah kerja terluas di Sumbar, fokus Kemenkumham adalah investasi terbaik bagi negara," kata Haris.

Ia mengungkap kerja secara ikhlas harus perlu diperhatikan, karena kejujuran tidak datang tanpa rasa ikhlas.

"Mari bergabung ke dalam Team Work yang sudah ada, tingkatkan sinergitas dan integritas, beri motivasi bagi organisasi sangat penting, sekali lagi mari bergabung untuk kemajuan Sumbar dan negara," katanya.

Dalam masa sembilan bulan, Kakanim Agam sebelumnya, Adityo yang pindah tugas ke Kanim Tanjung Pinang mampu meraih empat penghargaan dari Kementerian Keuangan dan Kakanwil Kemenkumham Sumbar.

Sementara itu, Kakanim Agam yang baru, Budiman Hadiwasto merupakan pindahan dari Rumah Detensi Imigrasi Balikpapan.