Unand kirim perwakilan ke Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional

id Kapal cepat, inovasi kapal cepat, kkctbn, kontes kapal cepat ,Unand,Prototipe,Purwarupa,Kemendikbudristek,UI,Padang,Sumb

Unand kirim perwakilan ke Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional

Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof Mansyurdin. (ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat berhasil mengirimkan dua perwakilan ke Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) yang diselenggarakan di Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

"KKCTBN bertujuan untuk mengembangkan talenta peserta didik di jenjang pendidikan tinggi," kata Wakil Rektor I Unand Prof Mansyurdin di Padang, Sabtu.

Dengan mengikuti ajang tersebut para peserta (mahasiswa) diharapkan dapat berkontribusi dalam memajukan sektor pariwisata serta menguasai teknologi kemaritiman, digital, otonom, dan realitas tambahan.

Pada ajang tersebut Tim Andalas Naval Research and Development (ANRD) berhasil mengirimkan dua perwakilan.

Keduanya masuk di kategori pembuatan dan performa prototipe (model, contoh atau bentuk awal) kapal pariwisata autonomous tourism survace vessel (ATSV), serta kategori pembuatan dan performa prototipe kapal pariwisata leisure boat fuel engine remote control (LBFERC).

Lewat ajang yang berada di bawah naungan Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) itu, Prof Mansyurdin berharap mahasiswa Unand menampilkan inovasi-inovasi terbaik.

Sementara itu, Ketua Tim ANRD Aditia Nanda mengatakan, sebelum masuk ke babak final, tim tersebut melewati beberapa tahapan seleksi hingga berhasil ke tahap nasional.

Pada tahap pertama setiap tim diminta untuk mengumpulkan proposal mengenai pembuatan kapal. Kemudian, di tahap kedua masing-masing tim harus mempresentasikan dan menunjukkan sistem kerja kapal cepat kepada dewan juri.

Lomba KKCTBN tahun 2023 secara umum terbagi atas beberapa kategori, yakni desain kapal pariwisata, lomba pembuatan dan performa prototipe kapal pariwisata. Seleksi nasional berlangsung di Universitas Indonesia (UI) sejak 22 hingga 25 Oktober 2023.

"Tim telah menyiapkan kapal prototipe dengan sistem kerja otomasi, dan kapal prototipe dengan sistem propulsi menggunakan bahan bakar untuk dilombakan pada ajang ini," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Unand kirim perwakilan ke Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional