Pemkab Agam bantu ratusan Alsintan bagi petani tingkatkan produksi

id Pemkab Agam ,Berita agam,Berita sumbar,bantu ratusan Alsintan agam,Petani agam

Pemkab Agam bantu ratusan Alsintan bagi petani tingkatkan produksi

Kepala Dinas Pertanian Agam Afniwirman. Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat memberikan bantuan sebanyak 138 unit Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) bagi petani di daerah itu pada 2023 dalam upaya peningkatan produksi.

Kepala Dinas Pertanian Agam Afniwirman di Lubuk Basung, Jumat, mengatakan ke 138 unit Alsintan itu berupa becak motor empat unit, mesin potong rumput 113 unit, hand traktor lima unit, mesin perontok jagung empat unit dan mesin perontok padi dua unit.

"Bantuan ini berasal dari dana pokok-pokok pikiran anggota DPRD Agam yang ditompangkan ke Dinas Pertanian," katanya.

Ia mengatakan, bantuan tersebut diserahkan kepada petani yang tergabung dalam kelompok tersebar di daerah itu berdasarkan usulan dari anggota DPRD.

Setelah diusulkan, Dinas Pertanian Agam melakukan verifikasi bagi kelompok tani yang bakal mendapatkan bantuan tersebut.

"Bantuan bakal kita serahkan dalam waktu dekat, karena masih ada bantuan yang belum datang dan penyerahan bantuan bakal disaksikan oleh anggota DPRD tersebut," katanya.

Ia menambahkan, bantuan itu dalam rangka untuk memudahkan petani dalam mengolah lahan, memotong rumput yang telah panjang di lahan mereka.

Selain itu, untuk memudahkan petani membawa hasil pertanian, merontokkan padi dan jagung yang sudah dipanen.

"Petani dengan mudah mengolah lahan, membawa hasil pertanian dan lainnya," katanya.

Dengan bantuan itu ia berharap hasil produksi petani akan meningkat dan menambah pendapatan dari mereka.

"Ini yang kita harapkan dari bantuan itu dan bantuan bisa dijaga atau dirawat dengan baik, sehingga usianya bisa lama," katanya.