Propam Polresta Bukittinggi gelar penegakan disiplin terhadap personel

id Propam Polresta Bukittinggi ,berita bukittinggi,berita sumbar

Propam Polresta Bukittinggi gelar penegakan disiplin terhadap personel

Kegiatan Penegakan Disiplin (Gaktipilin) personel kepolisian yang dilakukan Propam Polresta Bukittinggi terkait kelengkapan surat dan kelengkapan kendaraan petugas (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Seksi Profesi dan Pengamanan (Sie Propam) Polresta Bukittinggi, Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Penegakan Disiplin (Gaktiplin) kepada personel kepolisian setempat sebagai persiapan jelang pelaksanaan Operasi Zebra yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada September 2023.

Dalam kegiatan yang dipimpin Kasi Propam AKP. Nazirudin, seluruh personel Polresta Bukittinggi diperiksa kelengkapan dokumen kendaraan berupa Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) di Mapolresta, Jumat.

"Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh personel memiliki dokumen resmi yang sah dan lengkap sehingga dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dalam mentaati peraturan lalu lintas," kata AKP Nazirudin.

Selain itu, kelengkapan kendaraan lainnya pun diperiksa, seperti kaca spion dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

"Pemeriksaan ini penting untuk memastikan bahwa setiap kendaraan yang digunakan oleh personel Polresta Bukittinggi dalam tugas operasionalnya memiliki kelengkapan serta memenuhi standar teknis yang ditetapkan," kata Kasi Propam.

Kegiatan pemeriksaan kelengkapan dokumen dan kendaraan ini dilakukan sebagai langkah awal sebelum pelaksanaan Operasi Zebra 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 17 September 2023.

Operasi Zebra sendiri merupakan operasi gabungan yang digelar secara terpusat dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas.

Tujuan utama dari operasi ini nantinya adalah untuk menciptakan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas demi menjaga keselamatan dan kenyamanan bersama di jalan raya.

Dalam kaitannya dengan pemeriksaan kelengkapan dokumen dan kendaraan sebelum operasi dilaksanakan oleh Sie Propam Polresta Bukittinggi bertujuan agar setiap personel Polresta Bukittinggi yang ditugaskan nantinya dapat menjalankan tugasnya secara profesional dan dengan standar yang tinggi.

"Seluruh personel diharapkan memiliki dokumen dan kendaraan yang lengkap serta memenuhi persyaratan, selama kegiatan yang kami lakukan hari ini tidak ditemukan pelanggar, kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan, apabila nantinya dalam pelaksanaan operasi ditemukan pelanggaran, tentunya personil yang melakukan pelanggaran akan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Nazirudin menegaskan.

Dengan adanya kegiatan penegakan disiplin seperti pemeriksaan kelengkapan dokumen dan kendaraan, diharapkan kesadaran dan kepatuhan personel Polresta Bukittinggi terhadap peraturan lalu lintas akan semakin meningkat.

"Selain itu, diharapkan masyarakat juga akan semakin memahami pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas demi menjaga keselamatan bersama di jalan raya," kata dia.

Operasi Zebra 2023 yang akan dilaksanakan oleh Polresta Bukittinggi diharapkan dapat berjalan sukses dan memberikan hasil yang positif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya tertib berlalu lintas.

Polresta Bukittinggi juga mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga ketertiban dan keamanan lalu lintas guna menciptakan perjalanan yang aman, nyaman, dan lancar bagi semua pengguna jalan.